Breaking News:

Pengrajin Tahu Tempe Menjerit

Pengrajin Tahu Tempe di Kabupaten Bungo Menjerit, Harga Kedelai Melambung Tinggi

Berita Bungo - Tingginya harga kacang kedelai ini membuat pengrajin tahu tempe di Bungo menjerit.

Penulis: Muzakkir | Editor: Rahimin
tribunjambi/Muzakkir
Tingginya harga kacang kedelai ini membuat pengrajin tahu tempe di Bungo menjerit. 

Pengrajin Tahu Tempe di Bungo Menjerit, Harga Kedelai Melambung Tinggi

TRIBUNJAMBI.COM, BUNGO - Harga kacang kedelai di Kabupaten Bungo meningkat. Dari yang sebelumnya Rp 300an ribu perkarung 50Kg, kini meningkat lebih dari Rp 500 ribu.

Tingginya harga kacang kedelai ini membuat pengrajin tahu tempe menjerit. Yang sebelumnya mampu memproduksi banyak, kini terpaksa diturunkan.

Selain menurunkan produksi, pengrajin tahu tempe juga mengecilkan ukuran tahu. Yang sebelumnya 5 cm, kini menjadi 3,5 cm.

"Harga bahan mahal. Tadinya ukuran delapan ons, sekarang jadi enam ons," kata Bakri pengrajin tahu tempe dikawasan Kota Bungo.

Cara itu dianggap bisa membuat produksi tahu miliknya bertahan. Sebab jika tetap mempertahankan ukuran yang semula, bukannya untung malah merugi.

"Semua bahan untuk bikinnya naik semua. Kedelai yang naik," katanya.

Didampingi isterinya, perubahan ukuran tersebut sebenarnya diprotes banyak pembeli, namun setelah diberikan pengertian, pelanggan akhirnya mau menerima.

"Mau naikin harga pelanggan kita kemahalan. Jadi salah satu cara agar tetap bisa jualan ya mengecilkan ukurannya," ungkap Bakri lagi.

Dia menyebut jika ada pekerjaan lain, dirinya berniat untuk tidak menekuni usaha tahu tempe ini lagi. Namun hingga saat ini belum ada pekerjaan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Ya, terpaksa harus bikin. Kalau tidak, ya mau makan apa kita," ujarnya.

Ia berharap agar pemerintah memperhatikan pengrajin tahu tempe. Pemerintah diharapkan bisa mengendalikan harga kedelai dan bahan lainnya.

"Sekarang serba naik. Kayu bakar saja naik, dulu satu truk bisa Rp 500 ribu,. Sekarang naik menjadi Rp 800 ribu pertruk," pungkasnya. (tribun jambi/muzakkir)

Menurun Lagi, Ini Daftar Terbaru Harga TBS dan CPO di Jambi

HIPMI Soroti Kinerja Disporapar Bungo, Marwansah: Pengelolaan Pariwisata Terkesan Asal-asalan

Maria Ozawa Belum Menikah, Beginilah Calon Suami Idaman Miyabi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved