Breaking News:

WAWANCARA EKSKLUSIF

WAWANCARA EKSKLUSIF Once Mekel Ungkap Siasat saat Pandemi, Setia Jadi Musikus Sampai Tua

Penyanyi Elfonde Mekel atau akrab disapa Once menyiasati aktivitas di tengah pandemi Covid-19. Banyak hal dilakukannya. Dari berpartisipasi dalam kegi

Editor: Edmundus Duanto AS
Tribunnews/Irwan Rismawan
Penyanyi Once Mekel saat wawancara khusus dengan Tribun Network di studio musiknya di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM - Penyanyi Elfonde Mekel atau akrab disapa Once menyiasati aktivitas di tengah pandemi Covid-19. Banyak hal dilakukannya. Dari berpartisipasi dalam kegiatan amal hingga menggeluti dunia usaha.

Sepanjang 2020 industri musik secara global mengalami kerugian Rp434,6 triliun (data Pollstar). Kerugian terutama lantaran pembatalan konser dan live music.

Musisi dan praktisi lokal hampir tidak dapat beradaptasi karena banyak faktor, dari kurangnya pendapatan, teknis, dan peluang. Hal tersebut dibenarkan ole Once. Eks vokalis Dewa 19 ini mengatakan industri musik sangat terdampak pandemi Covid-19. Banyak musisi yang kehilangan sumber pendapatan. Terutama musisi reguler di kafe-kafe.

"Karena tidak ada lagi kesempatan untuk mereka tampil. Namun teman-teman artis yang di panggung-panggung besar itu pun terdampak," ujar Once. Disampaikan Once saat berbincang bersama Manager Pemberitaan Tribun Network Rachmat Hidayat di Studio Once, kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (23/6).

Hampir seluruh bagian musik terdampak. Menimbulkan efek domino akibat pandemi Covid-19. Dari kru, musisi itu sendiri, hingga bisnis terkait musik. Menurut Once, pendapatan digital para musisi pun ikut berkurang.

"Karena seorang artis itu manggung dampak positifnya terhadap lagu-lagu di platform digital. Tapi tidak ada panggung, tidak ada reaction atau transaksi digital," kata pria berusia 51 tahun tersebut.

Karenanya para musikus mulai menyiasati kehilangan pendapatan dari manggung. Once bercerita sejumlah musisi yang memiliki tabungan mulai berwiraswasta, termasuk dirinya.

Once bersama Ridho Slank membuka kedai makanan di ruang publik M Bloc Space. Namanya Kedai Katong. Menyuguhkan kopi khas Maluku dan makanan khas Manado. Once sendiri juga membuka Kafe Mayosi di bilangan Bumi Serpong Damai (BSD).

"Mayosi itu dari nama ibu saya Mama Yosi. Dan Almarhumah Ibu saya itu jago banget masak waktu masih hidup. Menu itu dapat dari dia," ujar Once.

Berikut wawancara eksklusif Tribun Network bersama Once Mekel:

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved