Breaking News:

Berita Nasional

TERKUAK Sumber Uang KKB Papua hingga Bisa Beli Senjata Canggih Buat Lawan TNI-Polri

Usai Satgas Nenamgkawi berhasil menangkap sosok penyuplai senjata buat Kelompok Kriminal bersenjata (KKB) di Papua, terungkap pula sumber uang

Editor: Andreas Eko Prasetyo
Facebook/TNPNB
Ilustrasi KKB Papua. Kelompok ini dilaporkan makin sadis sejak tahun 2021. 

TRIBUNJAMBI.COM - Usai Satgas Nenamgkawi berhasil menangkap sosok penyuplai senjata buat Kelompok Kriminal bersenjata (KKB) di Papua, terungkap pula sumber uang kelompok teroris itu.

Satgas Nemangkawi telah menangkap Ratius Murib alias Neson Murib, dia menjadi terduga anggota jaringan penjual senjata api dan amunsi kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Puncak Jaya, Papua.

Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Iqbal Al-Qudusy mengatakan bahwa Neson Murib melakukan sejumlah transaksi mencapai miliaran rupiah,.

Semua itu terkait penjualan dan pembelian senpi beserta amunisinya.

Pasukan KKB Papua.
Pasukan KKB Papua. (istimewa via Tribun Manado)

"Yang bersangkutan Neson Murib diduga jaringan penjual senjata api dan amunisi ke KKTB di Puncak Jaya," ujar lewat keterangan tertulis, Selasa (15/6/2021), dikutip dari Wartakotalive.com.

"Total yang dikirim dan diterima Rp 1.393.100.000," lanjutnya.

Lalu bagaimana cara KKB Papua bisa mendapatkan dana untuk membeli senjata api dan amunisi?

Mengutip dari Kompas.com, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan bahwa dana KKB yang didapat KKB Papua untuk membeli senjata berasal dari tambang emas ilegal di Paniai, Intan Jaya, dan sebagian Yahukimo.

Awalnya ia turut menduga dana berasal dari perampasan dana desa.

"Kalau Timika sudah jelas, makanya kita agak geser pendulang di situ agar tidak mendulang lagi," ujar Fakhiri di Jayapura, Kamis (8/4/2021), dikutip dari Kompas.com.

Halaman
12
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved