Berita Nasional

Pasukan Setan TNI Sudah di Merauke Buat Buru KKB, Catatan Sejarah Satuan Ini Jadi Bukti Kehebatannya

Bahkan baru-baru ini, pihak Batalyon Infanteri 315/Garuda atau Yonif315/Garuda telah tiba di Merauke, Papua untuk menjalankan misinya.

Ilustrasi pasukan setan TNI 

TRIBUNJAMBI.COM - Perburuan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua terus dilakukan pihak keamanan Indonesia.

Bahkan baru-baru ini, pihak Batalyon Infanteri 315/Garuda atau Yonif315/Garuda telah tiba di Merauke, Papua untuk menjalankan misinya.

Batalyon yang juga dijuluki sebagai Pasukan Setan ini bahkan sudah dikerahkan untuk memburu keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Bukan kali ini saja, ternyata prajurit dari kesatuan ini disebut memiliki serangkaian keberhasilan dalam menjalankan tugasnya.

Pasukan KKB Papua.
Pasukan KKB Papua. (istimewa via Tribun Manado)

Bahkan sederet kehebatan dari Pasukan Setan tercatat di dalam sejarah dalam beberapa peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia.

Terbukti dan berhasil dalam menundukkan kelompok separatis di Timor Timur dengan nama Operasi Seroja dan bertugas di Daerah Operasi Militer alias DOM Aceh.

Tak sampai di situ saja, bahkan prajurit terpilih di kesatuan ini pun juga melengkapi dirinya dengan latihan tembak jarak jauh atau latihan sniper.

Selain itu juga mendapatkan latihan khusus dalam bertempur hingga beroperasi di daerah hutan.

Mereka juga digembleng selama satu bulan sejak tanggal 27 Maret 2021 lalu di Bandung.

Baca juga: KKB Papua Ancam Tembak Mati Pendatang, Aparat Keamanan Lakukan Tindakan Tegas Ini

Baca juga: Strategi Perang KKB Papua Bocor, 3 Anak Buah Lekagak Telenggen Menyerah ke Satgas Nemangkawi

Baca juga: KKB Papua Nekat Kuasai Distrik Ilaga yang Dijaga Aparat Kemanan, Kontak Senjata Pecah Selama 2 Jam

Oleh karena itu, pengerahan dari Pasukan Setan untuk memburu KKB Papua ini dianggap tepat, lantaran kondisi wilayah di mana kelompok separatis tersebut kerap berulah.

Melansir dari Surya.co.id, pasukan ini juga ternyata hampir selalu berpartisipasi dalam melibas aksi-aksi pemberontakan di Indonesia.

Mulai dari pembersihan sisa-sisa G30S/PKI, penumpasan GAM di Aceh, hingga operasi Seroja di Timor Timur.

Mengutip dari Tribunnews.com, diketahui setidaknya ada 108 Orang personel Satgas Pengamanan Yonif 315/Garuda tiba di Merauke dengan menggunakan KRI Banjarmasin 592 dalam rangka alih kodal dari Yonif 756/WMS. Senin (7/6/2021).

Melansir dari tniad.mil.id, kedatangan dari 108 personel Yonif 315/Garuda yang dipimpin oleh Wadan Yonif 315/Garuda dalam rangka pengamanan daerah rawan yang berada d wilayah Kabupaten Mappi dan Kabupaten Asmat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved