Breaking News:

Berita Kota Jambi

Jembatan Kumpeh Akan Dilakukan Buka Tutup Dua Hari, Catat Jadwalnya

Selain kendaraan yang akan melintas baik dari arah Jalan lingkar Timur maupun dari arah pasar Kota Jambi dan Jembatan

Tribunjambi/zulkifli azis
(Ol 5 Selasa) Masa Perbaikan, Jembatan Kumpeh Akan Dilakukan Buka Tutup Dua Hari, Catat Jadwalnya 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kementrian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi akan memperbaiki jembatan Kumpeh di ruas jalan Sijenjang Kota Jambi menuju pelabuhan Talang duku Kecamatan Kumpe Ulu Muaro Jambi maupun sebaliknya.

Pekerjaan rehabilitasi jembatan ini ada item atau lingkup pekerjaan pergantian karet elastomer bearing atau dudukan karet jembatan. Bantalan/dudukan karet jembatan yang lama akan diganti dengan yang baru. 

"Karena saat ini hasil identifikasi kondisi elastomer bearing yang lama sudah mengalami deformasi sehingga harus diganti," kata Kepala Satker Wilayah I Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi Azwar Edie, Selasa (8/7/2021).

Namun dampak dari kegiatan pergantian elastomer bearing itu, Kata Edi lalu lintas jembatan terpaksa dilakukan buka tutup sementara. Karena pada saat pergantian batalan karet, jembatan akan diangkat menggunakan dongkrak selama  kurang lebih 40-45 menit.

"Selama pengangkatan ini memang aktivitas kendaraan harus distop. Karena khawatir ketika diangkat ada kendaraan melintas malah akan mengganggu stabilitas jembatan sehingga berbahaya. Jadi mau tidak mau ini harus dilakukan penutupan," jelasnya.

Buka tutup jembatan direncanakan akan dilakukan pada pada hari Kamis (10/7/2021) pukul 08.00 - 09.00 WIB. Lalu jembatan dibuka lagi pukul 09.00 - 10.00 WIB, dan kemudian ditutup lagi pukul 10.00 - 11.00 WIB setelah itu dibuka kembali.

Buka tutup akan kembali dilakukan pada hari Jumat (11/7/2021) diwaktu yang sama.

Menurut Edi lalu lintas di situ cukup padat Sehingga dengan penutupan ini  akan menimbulkan ketidaknyamanan pengguna jalan berupa kemacetan yang ditimbulkan. Dia berharap supaya masyarakat yang ingin melintas dijalan tersebut saat itu bisa menyesuaikan waktu perjalanannya.

Selain kendaraan yang akan melintas baik dari arah Jalan lingkar Timur maupun dari arah pasar Kota Jambi dan Jembatan Aurduri II yang hendak menuju arah pelabuhan Talang Duku supaya memarkirkan kedaraanya pada saat penutupan jembatan sebelum lampu merah Simpang Sijenjang. Ini untuk menghindari penumpukan kendaraan di Simpang Sijenjang. 

"Kami berusaha agar dampak pekerjaan ini bisa seminimal mungkin. Kami dari Satker juga telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait terutama dangan Polres, Dishub agar pada saat pelaksanaan bersama-sama melakukan penertiban dan pengaturan lalu lintas. Supaya kemacetan bisa dikondisikan tidak terlalu parah," pungkasnya.

Baca juga: Nikmatnya Sop Buntut Pak Kutar di Kawasan Arizona Kota Jambi

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved