Breaking News:

Tips Kesehatan

Gejala Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Sakit Kepala dan Pandangan Kabur

Darah tinggi atau hipertensi telah dilaporkan menjadi salah satu penyakit penyerta Covid-19 yang paling banyak ditemukan pada pasien positif Covid-19.

Freepik
Gejala darah tinggi yang perlu diwaspadai 

Tribunjambi.com - Simak gejala darah tinggi yang perlu diwaspadai.

Penyakit darah tinggi bisa dihindari dengan memperhatikan tanda-tanda awalnya.

Kondisi ini tentu tidak bisa dibiarkan sampai parah.

Saat pandemi seperti sekarang, diketahui darah tinggi jadi penyakit penyerta yang perlu diwaspadai agar tidak menyebabkan risiko kematian.

Darah tinggi atau hipertensi telah dilaporkan menjadi salah satu penyakit penyerta Covid-19 yang paling banyak ditemukan pada pasien positif Covid-19.

Misalnya saja, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pernah melaporkan, bahwa berdasarkan data yang dihimpun oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 per tanggal 13 Oktober 2020, dari total kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 1.488 pasien tercatat memiliki penyakit penyerta.

Dari jumlah tersebut, 50,5 persen di antaranya mengidap penyakit hipertensi, kemudian diabetes 34,5, dan penyakit jantung 19,6 persen.

Sementara dari jumlah 1.488 kasus pasien meninggal, diketahui 13,2 persen di antaranya dengan hipertensi, 11,6 persen dengan diabetes, dan 7,7 persen dengan penyakit jantung.

Berdasarkan laporan penelitian yang diterbitkan dalam European Heart Journal pada 2020, orang yang menderita hipertensi bahkan disebut dua kali lipat lebih berisiko meninggal dunia akibat Covid-19.

Mengingat bahayanya, penting kiranya bagi siapa saja untuk dapat mewaspadai tekanan darah tinggi.

Halaman
1234
Editor: Nurlailis
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved