Breaking News:

Patroli Karhutla Terus Dilakukan, Curah Hujan Mulai Menipis

Curah hujan di sebagian wilayah Provinsi Jambi mulai menipis. Diantaranya di Kabupaten Tebo yang dalam beberapa peka terakhir belum turun hujan.

TRIBUNJAMBI/IST
Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Jambi tahun 2019 lalu 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARATEBO - Curah hujan di sebagian wilayah Provinsi Jambi mulai menipis. Diantaranya di Kabupaten Tebo yang dalam beberapa peka terakhir belum turun hujan.

Akibatnya, tingkat kerawanan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali menjadi perhatian pemerintah dan instansi terkait lainnya.

Dandim 0416/Bute, Letkol Inf Arianto Maskare Subagio, SSos, MSI, mengatakan, meski secara keseluruhan Jambi belum memasuki musim kemarau, namun pihaknya tetap mewaspadai munculnya titik api.

Diantaranya dengan melakukan kontrol rutin, yang dilakukan jajarannya dan instansi terkait lainnya, seperti BPBD, Manggala Agni, Polri dan masyarakat.

"Kita tetap mengontrol tempat-tempat rawan kebakaran ya. Seperti di Kecamatan Sumay, kita selalu rutin jangan sampai kecolongan," katanya, belum lama ini.

Dandim mengatakan, dalam sepekan ini memang minim curah hujan. Akibatnya sempat muncul titik api di kawasan rawan seperti Sumay.

"Kemarin ada sempat muncul. Tapi langsung hilang karena hujan. Jadi masih kecil dan dibantu hujan," ungkapnya.

Dirinya berharap pada tahun ini, tidak ada lagi bencana karhutla. Masyarakat pun diminta untuk tidak membuka lahan dengan dibakar agar tak terjadi kebarakan hutan.

Penulis: HR Hendro Sandi
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved