Breaking News:

Berita Kota Jambi

Masyarakat Berburu Camilan Lebaran, Jenis Kacang-kacangan Paling Banyak Dicari

Sementara itu, Fendi (50) mengatakan sudah selama 24 tahun menjajakan cemilan untuk raya idul fitri

Penulis: Monang Widyoko
Editor: Nani Rachmaini
Tribunjambi/monang
Masyarakat Berburu Camilan Lebaran, Jenis Kacang-kacangan Paling Banyak Dicari 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Hari raya Idul Fitri menjadi momentum penting, terlebih pada hari raya tersebut sanak kerabat akan datang ke rumah untuk bersilaturahmi.

Tentu saja, selain ketupat dan opor ayam akan ada kue kering yang biasanya dipetakan di meja ruang tamu dan disimpan dengan menggunakan stoples.

Karena hal tersebut banyak masyarakat yang berburu camilan menjelang lebaran. Di kawasan Area Pasar Jambi, cemilan mulai dijajakan di ruko dan di bahu jalan dengan lapak seadanya. 

Di sana para pembeli menumpuk untuk mendapatkan cemilan yang didinginkan. Kadang ada yang terlihat melupakan protokol kesehatan. 

Seorang penjual kue kering bernama Dias (65 tahun) mengatakan dirinya bersama keluarganya di mobil pickup menjual 43 macam cemilan. 

Cemilan yang dijual oleh mereka, rata-rata terbungkus dalam plastik dengan berat sekitar 350 gram. Rata-rata dijual dengan harga Rp 15 ribu per bungkus.

"Ini berasal dari Jakarta dan Medan. Ada enam orang menjualnya," katanya Selasa (11/5/2021).

Ia pun mengatakan bahwa omzet dalam sehari tidak menentu, bisa Rp 8 juta - Rp 15 juta dalam satu hari. 

"Kalau kemarin dapat Rp 15 Juta," ujarnya. 

Sementara itu, Fendi (50) mengatakan sudah selama 24 tahun menjajakan cemilan untuk raya idul fitri. Ia menjual cemilan, bergantung berat yang diinginkan para pembeli. 

Kue kering yang dijualnya ada seharga Rp. 40.000 sampai Rp 70.000 per kilogram. Namun, kata Fendi, masyarakat lebih meminati cemilan jenis kacang-kacangan. 

"Banyak yang hobi cemilan jenis kacang-kacangan. Dijual dengan Rp. 20.000 hingga Rp 25.000 per setengah kilogram. Ada belasan pembeli dalam satu hari," pungkasnya.

(Tribunjambi.com/Monang Widyoko)
 

--

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved