Breaking News:

BRGM Targetkan Restorasi Gambut 236.427 Hektare di Jambi Hingga 2024

Mandat pemulihan kawasan gambut yang rusak ditujuh provinsi ini akan dimulai tahun 2021 ini. BRG juga mendapat mandat untuk merehabilitasi kawasan Man

Istimewa
Badan Restorasi Gambut (BRG) menjadi salah satu lembaga pemerintah yang mendorong terwujudnya budidaya pertanian alami 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Presiden RI Joko Widodo telah memperpanjang mandat Badan Restorasi Gambut (BRG) melalui peraturan presiden nomor 120 tahun 2020. Dengan target 1,2 juta hektar di tujuh provinsi hingga 2024 mendatang.

Mandat pemulihan kawasan gambut yang rusak ditujuh provinsi ini akan dimulai tahun 2021 ini. BRG juga mendapat mandat untuk merehabilitasi kawasan Mangrov menjadi Badan Restorasi Gambut dan Mangrov. Namun, untuk rehabitlitasi kawasan hutan pesisir ini, akan dlakukan di 9 provinsi di Indonesia.

Dr. Ir. Ayu Dewi Utari, Sekretaris BRGM saat melakukan sosialisasi retorasi gambut di Jambi mengatakan, untuk di Jambi sendiri, tareget luas indikatif restorasi gabut 236.427 hektar sampai tahun 2024.

Untuk skema pemulihan kawasan gambut yang rusak di Jambi, Ayu Dewi dalam rilisnya mengatakan akan melakukan konsolidasi terhadap Infrastruktur Pembasahan Gambut dan Desa Mandiri Peduli Gambut yang dibangun pada periode sebelumnya.

“Konsolidasi ini dilakukan untuk memastikan IPG dan DMPG yang telah dibangun berfungsi dengan baik dan dimanfaatkan oleh masyarakat sesuai tujuan pembangunannya”, kata Ayu Dewi dalam rilisnya.

“Sosialisasi Restorasi Gambut di Jambi, kami menyampaikan rencana kegiatan yang akan kami lakukan tahun ini,” kata Ayu. Selasa (4/5/2021) dalam rilisnya.

Dr IrvAsnelly Ridha Daulay, sekretaris Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Jambi mengatakan, pelaksanaan Restorasi Gambut yang difasilitasi BRG pada periode hingga tahun 2020, telah terbangun IPG (Instalasi Pembasahan Gambut) sebanyak 666 unit sumur bor dan 604 sekat kanal.

Ia juga mengagakan BRG sudah membangun 6 unit demplot revegetasi dan diberikan 105 paket revitalisasi mata pencaharian masyarakat melalui pendanaan APBN.

Untuk desa Mandiri Peduli Gambut sebanyak 53 desa dan 10 desa untuk tahun 2021. “Kita bangga dengan capaian restorasi gambut di Jambi pada periode sebelumnya, kami siap mendukung kegiatan restorasi gambut BRGM ke depannya,” ujar Asnelly.

Baca juga: Sebentar Lagi Lebaran, Honorer RSUD Sarolangun Mengeluh Dua Bulan Belum Gajian dan Terima Insentif

Baca juga: Syarif Fasha Jadi Narasumber Tingkat Nasional, Sampaikan Contoh Penanganan Covid-19 yang Baik

Baca juga: China Coba Memancing Amarah Indonesia? Kapal Perang PLA Navy Kepergok Melintas di Perairan NKRI

Penulis: Dedy Nurdin
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved