Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Dosen Milenial Berbicara yang Harus Dilakukan untuk Kemajuan Tanjabbar, Perlu ada Pembaharuan

Fokusnya tahun ini harus sama, bagaimana Bupati Tanjung Jabung Barat punya gebrakan baru untuk peningkatan pelayanan kesehatan

TRIBUN JAMBI/IST
Ahmad Harun Yahya, Dosen STAI An Nadwah Kualatungkal. 

Sosok Bupati dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat dan Hairan memang telah dilantik. Meski begitu, sudah sederet agenda bakal dilakukan pasangan terpilih.

SUDAH ada sederet program yang bakal dilaksanakan. Menariknya, ada kebiasaan di Indonesia yang menyoroti kinerja pejabat pada 100 hari kerja yang pertama.

Bagaimana pandangan pemerhati daerah terhadap kemajuan Tanjabbar ke depan?

Berikut petikan wawancara Tribun Jambi terhadap Ahmad Harun Yahya, Dosen STAI An Nadwah Kuala Tungkal.

Bagaimana pandangan anda terkait pemerintah Tanjabbar saat ini?
Hari ini sama dengan tahun lalu sebelumnya. Saat ini masih dalam kondisi pandemi. Fokus pemerintah tidak melepaskan dari dua aspek, sesuai dengan arahan presiden. Pertama, aspek kesehatan dan kedua aspek tentang pemulihan ekonomi.

Fokusnya tahun ini harus sama, bagaimana Bupati Tanjung Jabung Barat punya gebrakan baru untuk peningkatan pelayanan kesehatan khususnya strategi untuk pencegahan Covid-19.

Kemudian bagiamana untuk memberikan stimulus ekonomi dampak ekonomi. Kita lihat satu tahun lebih sekolah tutup dan berapa banyak ibu-ibu kantin yang satu tahun ini tidak bekerja. Sekolah tutup, belum lagi aspek-aspek lain.

Berarti Pemkab Tanjabbar perlu ada pembaharuan?
Perlu ada pembaharuan, pola penyusunan APBD juga berubah. Mau tidak mau anggaran kesehatan dan stimulus ekonomi besar bukan kita mengabaikan hal lain. Tren kemiskinan ini bisa naik, apalagi Tanjabbar APBD-nya angka kedua di Provinsi Jambi. Artinya ada 30 ribu lebih jiwa yang masuk dalam status miskin konsisi kemiskinan ini tidak lepas dari kesehatan.

Jadi aspek kemiskinan tidak melulu dari ekonomi. Ada indikator lain termasuk kesehatan. Kita berharap bupati sekarang sudah ada program bantuan, termasuk kartu berobat gratis ini kita apresiasi.

Tapi jangan dilupakan ada aspek-aspek petani perlu dipikirkan, ibu kantin yang tidak berjualan.

Halaman
123
Penulis: Samsul Bahri
Editor: Deddy Rachmawan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved