Breaking News:

Berita Jambi

RSUD Raden Mattaher Kini Bisa Transfusi Plasma Konvalasen, Metode Pengobatan Pasien Covid-19

Menurutnya, donor plasma konvalesem adalah donor darah yang telah dipisahkan plasma dari darah orang yang sudah sembuh dari Covid-19.

RSUD Raden Mattaher Kini Bisa Transfusi Plasma Konvalasen, Metode Pengobatan Pasien Covid-19
ist
Pengobatan Transfusi Plasma Konvalesen Sudah Bisa di RSUD Raden Mattaher, Dua Pasien Terima Donor

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Jambi, Raden Mattaher, kini sudah bisa melakukan pengobatan pasien Covid-19 dengan metode transfusi plasma konvalasen.

Setidaknya sudah ada dua pasien di rumah Raden Mattaher telah menerima donor plasma dari penyitas Covid-19 dan satu pasien lagi saat ini menunggu pendonor yang bersedia mendonorkan plasmanya.

Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi, dr Fery Kusnadi, mengatakan donor plasma darah dapat dilakukan bagi mantan pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh sampai dengan empat bulan.

Menurutnya, donor plasma konvalesem adalah donor darah yang telah dipisahkan plasma dari darah orang yang sudah sembuh dari Covid-19.

“Dengan harapan plasma darah tersebut yang berisi antibodi dari pendonor dapat membantu kesembuhan pasien Covid-19 yang di tambahkan darah”, ujarnya kepada Tribunjambi.com, Minggu (2/5/2021).

Donor plasma kata Kusnady, dapat dilakukan di unit tranfusi darah (UTD) RSUD Raden Mattaher Jambi.

Baca juga: Tunjang Plasma Konvalesen, Ada Dua Jenis Alat yang Belum Dimiliki PMI Kota Jambi

“Bagi penyintas Covid-19 bisa datang langsung ke UTD, dengan kita bergotongroyong membantu sesama, karena manfaat nya dapat sebagai obat antibodi bagi pasien pasien Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala UTD Raden Mattaher, Hari, menambahkan, sejauh ini sudah ada permintaan tiga donor untuk tiga pasien dari dokter yang menangani pasien.

"Dua pasien sudah dapat, dan satu masih mencari calon donornya. Yang pertama kedua itu golongan darah O sama B. Tapi yang ketiga ini golongan darah A. Sudah ada sih yang menghubungi saya cuma tidak memenuhi syarat," beber Hari.

Penerima dan pendonor flasma konvelesen tersebut kata Hari, harus memiliki golong darah yang sama. Kemudian ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi antara lain pernah terkonfirmasi covid-19 (penyitas Covid-19) yang dibuktikan dengan swab rapid test dan PCR.

Halaman
123
Penulis: Zulkipli
Editor: Deni Satria Budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved