Breaking News:

EDITORIAL

Editorial - Jangan Menduga-duga

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengatakan kapal selam diperkirakan hilang di perairan sekira 60 mil atau sekira 95 kilometer dari utara Pulau

Tribun Jambi
Tribun Jambi Edisi 23 April 2021 

KABAR mengagetkan datang dari angkatan laut kita. Kapal selam KRI Nanggala 402 hilang kontak di perairan utara Bali pada Rabu (21/4).

Kapal selam tersebut mengangkut 53 awak. Hingga kini, keberadaannya belum juga ditemukan.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengatakan kapal selam diperkirakan hilang di perairan sekira 60 mil atau sekira 95 kilometer dari utara Pulau Bali, Rabu pagi pukul 03.00.

Segala upaya terus dilakukan TNI. TNI Angkatan Laut dan sejumlah pihak terus melakukan pencarian.  Lima KRI dan satu helikopter telah diterjunkan untuk melakukan pencarian dengan kekuatan 400 orang.

Bahkan, bantuan juga datang dari sejumlah negara, seperti Singapura dan Malaysia. Kapal milik dua negara ini segera sampai di lokasi di mana KRI Nanggala diperkirakan hilang kontak.

Kabar terbaru, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyebutkan cadangan oksigen di kapal selam KRI Nanggala 402 hanya bisa bertahan selama 72 jam dalam kondisi black out.

Untuk itu, TNI serta sejumlah pihak yang turut membantu pencarian harus berpacu dengan waktu untuk menemukan dan menyelamatkan 53 awak kapal selam.

Itu artinya, tim penyelamat punya waktu yang tidak banyak untuk segera menemukan KRI Nanggala 402, dan menyelamatkan awak kapal yang ada di kapal selam tersebut.

Kita jangan menduga-duga tentang penyebab hilangnya KRI Nanggala 402 tersebut. Aksi yang paling cepat dilakukan, melakukan penemuan dan penyelamatan. Semua berharap, awak kapal segera ditemukan dalam keadaan selamat.

Walaupun kita tahu, awak kapal selam tersebut pasti handal renang, ataupun bisa diandalkan dalam keadaan sulit. Namun, pertolongan dari tim penolong memang harus dilakukan. Semua mesti bahu membahu untuk memberikan pertolongan.(*)

Baca juga: Editorial - Bertambah Lagi

Baca juga: Editorial - Waspada Penyalahgunaan Rekening

Baca juga: Editorial - Mewaspadai Sugesti Fiktif

Editor: Edmundus Duanto AS
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved