Breaking News:

EDITORIAL

Editorial - Waspada Penyalahgunaan Rekening

KASUS penipuan yang disamarkan sebagai investasi Share Results menghebohkan Jambi belum lama ini. Jumlah korbannya yang banyak linier dengan kerugian

Tribun Jambi
Tribun Jambi Edisi 19 April 2021 

KASUS penipuan yang disamarkan sebagai investasi Share Results menghebohkan Jambi belum lama ini. Jumlah korbannya yang banyak linier dengan kerugian yang ditimbulkan. Belum lagi bila menilik latar belakang para korban.

Polisi sudah menangkap pelaku. Walakin, aktor intelektual belum tersentuh. Terlebih pelaku utama disebut-sebut berstatus warga Negara Malaysia. Artinya proses penangkapan tak sebebas bila ia WNI dan berada di Indonesia. Terungkap bahwa tersangka yang telah ditangkap adalah orang yang diminta membuatkan rekening atas nama orang lain. Rekening itulah yang digunakan untuk transaksi di dalam jaringan SR. Rekening orang lain digunakan untuk memutus jejak, sementara pemilik rekening tidak tahu menahu.

Beberapa hari lalu Tribun Jambi menurunkan laporan mengenai maraknya jual beli rekening melalui media sosial. Harganya beragam. Penjual dengan berbagai alasan terang-terangan berani menjual rekening yang sejatinya memuat data pribadi.

Apa jadinya bila rekening itu dibeli dan dipergunakan untuk tindak kejahatan. Penipuan, judi online dan sejenisnya. Atau missal menjadi tempat menampung dana terorisme misalnya. Boleh jadi mereka yang menjual rekening tidak memiliki pikiran sejauh itu, alias tidak menyadarinya.

Tapi tidakkah mereka berpikir, bahwa apa yang mereka lakukan bisa menjadi pintu untuk mempermudah suatu tindak kriminal.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik menghindari masalah. Menjual rekening mungkin saja tindakan receh. Tapi kita harus ingat, jangan sampai kita justru jadi jalan untuk orang berbuat kejahatan. (*)

Baca juga: Editorial - Daya Rusak Miras

Baca juga: Editorial - Jalan Baru Berantas PETI

Baca juga: Editorial - Berani Mengungkap

Editor: Edmundus Duanto AS
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved