Breaking News:

Berita Jambi

Terminal Alam Barajo, Kota Jambi, Bakal Sediakan Layanan Tes GeNose C19 

Layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di terminal bus penumpang Tipe A, sudah mulai tersedia.

Aryo Tondang
Ilustrasi. Pihak pengelola Terminal Alam Barajo menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan covid-19, 24 Desember 2020 lalu 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Layanan tes Covid-19 menggunakan GeNose C19 di terminal bus penumpang Tipe A, sudah mulai tersedia. Terminal tipe ini fungsinya akan melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar provinsi (AKAP).

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Alam Barajo, Kota Jambi, Ibrahim, mengatakan, saat ini pihaknya akan mempersiapkan peralatan tes GeNose C19.

"Saat ini kami akan mempersiapkan peralatan tes GeNose C19 untuk terminal ini. Untuk alatnya sendiri telah diberikan oleh Dirjen Perhubungan Darat," ungkapnya, Kamis (22/4/2021).

Untuk pelaksanaannya kata Ibrahim, pihaknya masih menanti pelatihan sumber daya manusia (SDM) dari Dirjen Perhubungan Darat untuk mengoperasikan mesin tes GeNose C19.

Baca juga: Penumpang Bandara Sultan Thaha Jambi Sambut Baik Penerapan GeNose C19

Baca juga: Ada 3 Mesin GeNose C-19 Beroperasi di Bandara Jambi, Traveler Tak Usah Khawatir, Harganya Terjangkau

"Untuk pelaksanaannya kami masih menunggu pelatihan SDM kita. Sehingga nantinya jika sudah terlatih baru kita laksanakan dan intinya dalam waktu dekat ini," katanya.

"Untuk lokasi sedang kami persiapkan. Intinya di terminal karena ini memang untuk penumpang terminal Alam Barajo, Kota Jambi," tambahnya.

Di Sumatera kata Ibrahim, saat ini yang tersedia layanan GeNose di terminal baru ada di Aceh, Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Lampung.

"Harapannya ke depan ini dapat lancar pelaksanaannya. Tentu ini sangat membantu sekali untuk penumpang kita ya. Karena pemeriksaan menggunakan GeNose C19 sangat murah biayanya," bilang Ibrahim.

Baca juga: Haruskah Rumah Pasien Covid-19 Bakal Diberi Label, Camat Alam Barajo Sebut Untuk Permudah Penanganan

Baca juga: Warga Keluhkan Bau Busuk, Sampah Menumpuk karena Telat Diangkut

Sementara itu, terkait larangan pemerintah yang melarang mudik lebaran, Ibrahim, mengatakan pihaknya saat ini sedang menunggu teknis bagaimana kegiatan terminal saat larangan mudik nantinya.

"Kami masih menunggu aturan teknis apakah kami akan menutup atau tidak terminal saat larangan mudik," ungkapnya, kemarin.

Saat ini bilang Ibrahim, pelaksanaan kegiatan di Terminal Alam Barajo, masih berjalan normal seperti biasa.

"Saat ini kami melaksanakan kegiatan di terminal masih bekerja seperti biasa. Dari 1 April ini hingga nanti menjelang 6 Mei nanti dan tentu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," tuturnya. (Tribunjambi.com/Monang Widyoko)

Baca juga: Aktivitas PETI di Lahan Persawahan, Warga Maro Sebo Ulu Khawatir Soal Pertumbuhan Padi

Baca juga: Dor Kepala Pasukan Elite TNI Denjaka Kopassus Paskhas Diincar Sniper Musuh, Serda Asrofi Teriak

Baca juga: Kasihan, Belasan Bayi di Desa Pungut Mudik Jambi Disinyalir Kehabisan Susu, Imbas Di-lockdown

Penulis: Monang Widyoko
Editor: Deni Satria Budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved