Breaking News:

Berita Tebo

Sidang Syamsu Rizal Berlanjut, Jaksa Hadirkan Penebang Pohon di Desa Suo Suo Tebo

Kali ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Tebo menghadirkan penebang pohon sekaligus terpidana kasus yang sama, yang merupakan orang suruhan terdakwa

Tribunjambi/Hendro Sandi
Jaksa Kejari Tebo hadirkan saksi lanjutan dalam sidang kasus dugaan pengerusakan hutan 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARATEBO - Sidang kasus dugaan pengerusakan hutan dengan terdakwa Syamsu Rizal (iday), pimpinan DPRD Tebo, kembali berlanjut, di Pengadilan Negeri (PN) Tebo, Selasa (20/4/2021).

Kali ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Tebo menghadirkan penebang pohon sekaligus terpidana kasus yang sama, yang merupakan orang suruhan terdakwa yang sudah dihukum terlebih dahulu dalam kasus tersebut.

Saksi yang bernama Supan dicecar puluhan pertanyaan oleh JPU maupun hakim terkait kasus yang menjerat terdakwa Syamsu Rizal.

"Saya biasa bekerja menjaga sawit pak Iday. Tapi waktu itu saya ditawarin membuka lahan dan penebang pohon, milik saudara Arifin," ungkap saksi.

Dalam proses persidangan, beberapa keterangan saksi yang ada dalam BAP nya, ditolak oleh Penasehat Hukum terdakwa. Alasannya, dalam BAP tersebut menyebutkan bahwa BAP dibuat setelah dibacakan saksi Supan.

"Saya menolak BAP saksi baik di kepolisian maupun kejaksaan yang mulia. Karena saksi yang sebenarnya tidak bisa membaca," ujar penasehat hukum terdakwa.

Mendapat penolakan itu, JPU Yoyok tetap kepada BAP, karena meski saksi tidak bisa membaca, BAP nya tersebut dibacakan untuk selanjutnya didengarkan saksi.

"Apa yang ada di BAP saksi itu benarkan? Setelah BAP jadi saya bacakan dan bapak dengarkan? Jadi tidak ada yang dibuat-buat, tapi berdasarkan ketetangan saksi sendiri," kata jaksa.

Sementara saksi lainnya, yakni Sumadi yang tak lain adalah anak kandung saksi Supan, juga dicecar sejumlah pertanyaan.

Dipersidangan, saksi Sumadi membenarkan bahwa ayahnya ditawari pekerjaan menebang pohon. Namun dia menyatakan tak tahu, siapa pemilik lahan yang ditebang ayahnya tersebut.

Baca juga: Tak Ada Kejelasan Perpanjangan Kontrak, PTT di Batanghari Ada yang Dirumahkan, Ini Kata Sekda

Baca juga: Puluhan Honorer Satpol PP Batanghari Dirumahkan, Kasatpol PP: Soal Gaji Sudah Diajukan

Baca juga: Batas Penyekatan Kabupaten Kota Soal Larangan Mudik, Dinas Perhubungan Kota Jambi Tunggu Rakor

Penulis: HR Hendro Sandi
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved