Breaking News:

Berita Kota Jambi

Tersisa 4 Desa di Provinsi Jambi Sama Sekali Belum Teraliri Jaringan Listrik PLN

Empat desa tersebut terdapat satu di Kabupaten Muaro Jambi yakni desa Air Mato, dua di Kabupaten Merangin dan satu di Kabupaten Kerinci.

TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
Kepala Dinas Energi Sumber daya Mineral Provinsi Jambi Hary Andria 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Rasio elektrifikasi di Provinsi Jambi saat ini hampir mencapai 100 persen. Tersisa 4 desa di Provinsi Jambi yang belum tetaliri jaringan listrik dari PLN. 

Empat desa tersebut terdapat satu di Kabupaten Muaro Jambi yakni desa Air Mato, dua di Kabupaten Merangin dan satu di Kabupaten Kerinci.

Meski hampir semua desa teraliri listrik namun belum semua dusun yang ada di desa sampai jaringan listrik.

"Ini yang menjadi PR dari PLN untuk memenuhi sampai ke semua dusun. Untuk rasio elektrifikasi sendiri kita sudah sampai 100 persen, tinggal setelah itu berbicara kualitas, jangan sering mati, jangan redup," kata Kepala Dinas Energi Sumber daya Mineral Provinsi Jambi Hary Andria, Senin (18/4/2021).

Dijelaskan Hary, belum masuknya jaringan listrik PLN ke 4 desa tersebut karena faktor kondisi alam, harus menyebrang sungai dan perbukitan.

"Seperti di Kerinci itu posisinya di puncak bukit jadi tidak memungkinkan infrastruktur PLN dibangun di sana dan sangat mahal. Namun solusinya menggunakan energi lain, mungkin tenaga surya, kemudian di Air Liki di Merangin itu ada PLTMH," Jelasnya.

Sementara itu Manager UP3 PLN Jambi Hanfi Adrhean Abidin menyampaikan bahwa baru-baru ini sebelum Ramadan pihak PLN memulai memasok aliran listrik ke 19 desa yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 

"Alhamdulilllah suport bantuan dari Pemda dan Esdm Provinsi Jambi sangat besar ke kami dan antusias masyarakat menyambut listrik sudah kami layani," katany.

Terkait 4 desa yang sama sekali belum teraliri jaringan listrik PLN, Hanfi menyebut ditarget secepatnya bisa teraliri. Namun menurutnya pihaknya terkendala infrastruktur jalan jembatan dan harus menyebrang sungai.

"Kami tadi melapor ke Ibu Gubernur bagaimana kami ini bisa didukung fasilitas infrastruktur, kemudian masyarakatnya juga rela untuk di tebang pohonnya sehingga jarak aman jaringan listrik itu bisa terpenuhi," pungkasnya.

Baca juga: VIDEO: Ratusan Pengemudi Ojek Online di Kota Jambi Jalani Vaksinasi

Baca juga: Terungkap Penganiaya Isteri hingga Kritis di Jelutung Residivis Kambuhan Asal Palembang

Baca juga: Mengulik Strategi Sukses Pemasaran ala Beberapa UMKM di Jambi

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved