Breaking News:

UMKM Jambi

Mengulik Strategi Sukses Pemasaran ala Beberapa UMKM di Jambi

Memang tidak ada strategi pemasaran yang baku untuk mencapai kesuksesan suatu usaha, tergantung dari jenis dan segmen mana yang akan dituju.

(Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).
Rumah produksi UMKM Fansen 


TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sukses atau tidaknya suatu industri memang memiliki banyak faktor, satu di antaranya strategi pemasaran.

Memang tidak ada strategi pemasaran yang baku untuk mencapai kesuksesan suatu usaha, tergantung dari jenis dan segmen mana yang akan dituju.

Di Jambi sendiri pelaku UMKM yang sudah besar memiliki teknik pemasarannya masing-masing, walaupun ada sedikit kemiripan namun tidak sama persis.

Seperti UMKM Rempeyek Ilham, UMKM ini tidak memiliki item produk yang banyak, hanya keripik tempe dan rempeyek

Namun produksinya lumayan cukup banyak, bahkan Penjualannya juga sudah merambah provinsi tetangga seperti Lampung, Sumsel, Bengkulu sampai Riau.

Rempeyek Ilham dalam memasarkan produknya lebih fokus ke pasar ritel ketimbang traditional market. Untuk mencapai targetnya tersebut, dia hampir memiliki perwakilan di setiap provinsi yang menjadi segmen pasarnya. Minimal Reseller.

Hal serupa juga dilakukan R&R, UMKM ini juga menyasar segmen pasar ritel di daerah Sumatera, wilayah sebaran produknya juga tidak kalah dengan Rempeyek Ilham,  bahkan ritel besar seperti Alfamart sudah di sentuhnya.

Namun UMKM ini mencoba memproduksi beberapa varian produk, ketimbang hanya fokus di satu atau dua produk.

Dalam satu hari UMKM ini mampu memproduksi hingga 500 piece makanan ringan

Halaman
12
Penulis: M Yon Rinaldi
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved