Breaking News:

Health and Beauty

Berbahaya Bagi Penderita Diabetes dengan Komplikasi Jantung, Pengaruh Perubahan Iklim pada Kesehatan

Perubahan iklim merupakan proses normal yang memang terjadi setiap tahunnya, namun jika perubahan iklim sudah melewati batas normal

Istimewa
Webinar. Moderator, Vania Santoso selaku Co-Founder heySTARTIC young Climate Champion dan dr. Dicky Tahapary, Ph.D., SpPD-KEMD, selaku Staff Divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI 

TRIBUNJAMBI.COM - Perubahan iklim merupakan proses normal yang memang terjadi setiap tahunnya, namun jika perubahan iklim sudah melewati batas normal inilah yang akan menjadi perhatian.

Seperti perubahan iklim yang terjadi sekarang ini yang berlangsung signifikan dan akhirnya berlanjut pada krisis iklim. Karena perubahan iklim yang terjadi sudah melebihi seharusnya.

Co-Founder heySTARTIC Young Climate Champion, Vania Santoso dan Staff Divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI. dr. Dicky Tahapary, Ph.D., SpPD-KEMD dalam event #BeatDiabetes Online Festival 2021 7-8 April lalu menjelaskan apakah benar pemanasan global terjadi di sekeliling kita? Apa dampak dari hal tersebut? Hubungan secara sains perubahan iklim dan kesehatan? Dan apa yang dapat masyarakat lakukan, jika sudah terkena diabetes dan tetap menjaga kesehatan di tengah perubahan iklim?

Apakah benar pemanasan global terjadi di sekeliling kita?
Terlihat di sekeliling kita perubahan iklim yang terjadi itu sangat nyata, seperti musim hujan yang terlalu berkepanjangan atau musim kering yang terlalu berkepanjangan.

Sedangkan normalnya musim hujan terjadi pada bulan Oktober hingga bulan April, dan pada tahun lalu tahun 2020 mundur sampai hampir akhir bulan dan curah hujan sangat berlebih. Bahkan kondisi ini bisa dikatakan sudah darurat jauh dari kata ideal, selain itu pemanasan global juga meningkat 20 kali lebih panas.

"Dan kondisi perubahan iklim yang signifikan ini yang membuat krisis iklim ini terjadi, dan kita semua yang dipaksa untuk beradaptasi dengan kondisi yang sekarang terjadi," jelas Vania Santoso .

Setiap kita beraktivitas seperti jalan kaki, sepedaan atau mobil, dan itu juga berpengaruh pada rumah kaca dan berpengaruh pada pemanasan global.

Tidak hanya itu, dalam memilih makanan juga berdampak pada pemanasan global, seperti kita memilih sayur dibanding pengolahan daging yang juga berdampak.

Apa dampak dari hal tersebut?

Perubahan iklim ini sangat berdampak terhadap sektor-sektor lain, semua saling terhubung, seperti akibat dari petani yang gagal panen.

Halaman
1234
Penulis: Ade Setyawati
Editor: Fifi Suryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved