Breaking News:

Berita Batanghari

Delapan Orang di Batanghari Diketahui Menikah di Bawah Umur

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Muara Bulian dari Januari-Maret 2021 mencatat pernikahan dibawah umur sebanyak delapan orang

Tribunjambi/musawira
Amiruddin Anshori, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Muara Bulian, Jumat (16/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Musawira

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Muara Bulian dari Januari-Maret 2021 mencatat pernikahan di bawah umur sebanyak delapan orang di wilayah Muara Bulian.

Hal itu diungkapkan Amiruddin Anshori, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Muara Bulian, katanya terdiri dari dua laki-laki dan perempuan enam orang.

“Pernikahan anak di bawah umur Itu sudah melalui proses, sesuai undang-undang mendapatkan izin dari Pengadilan Agama,” kata Amiruddin Anshori, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Muara Bulian, Jumat (16/4/2021).

Lanjutnya, berdasarkan undang-undang nomor 16 tahun 2019, usia pernikahan minimal laki-laki dan perempuan berusia 19 tahun jika kurang dari usia itu harus mendapatkan izin dari Pengadilan Agama.

Menurut data yang ada, izin yang dikeluarkan oleh Pengadilan Agama pada umumnya yang menikah dibawah umur itu ada kasus tertentu diantaranya sudah terjadi hal yang tidak diinginkan,”

“Contohnya berhubungan badan diluar pernikahan, dan ada juga mengalami kehamilan maka pernikahan harus dilaksanakan,” ujarnya.

KUA Kecamatan Muara Bulian hanya melaksanakan undang-undang nomor 16 tahun 2016 tentang batasan minimal usia pernikahan.

Kelapa Muda Diburu Masyarakat Kota Jambi untuk Hidangan Saat Buka Puasa

Kota Jambi dan Batanghari Sudah Menetapkan Besaran Zakat Fitrah 2021, Ini Besaran Nominalnya

Tips Alami Terhindar dari Bau Mulut Saat Jalani Ibadah Puasa, Diantaranya dengan Berwudu

”Pernikahan yang masih di bawah umur, mungkin bisa berakibat berdampak kepada kematian ibu saat melahirkan dan resiko lain akibat pernikahan di bawah umur itu,”

“Pada 2020 lalu di Kecamatan Muara Bulian pernikahan di bawah umur tercatat hanya berjumlah 4 orang perempuan,” pungkasnya.

Penulis: A Musawira
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved