Breaking News:

Berita Sarolangun

Warga Sarolangun yang Belum Memiliki Buku Nikah Kini Ada Kemudahan, Kemenag Beri Penjelasan

Maka pihaknya bersama Pengadilan Agama Kabupaten Sarolangun saat ini sudah menyiapkan solusi bagi masyarakat agar mendapatkan buku nikah

Rifani halim
M Syatar 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN -Masyarakat Kabupaten Sarolangun yang sudah menikah namun belum memiliki buku nikah sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang perkawinan yang berlaku tidak perlu cemas. 

Pasalnya Kantor Kamentrian Agama Kabupaten Sarolangun sudah melakukan kerja sama dengan Pengadilan Agama Kabupaten Sarolangun untuk membantu masyarakat mendapatkan buku nikah.

Kepala Kantor Kemenag Sarolangun M Syatar, mengatakan bahwa memang saat ini di wilayah Kabupaten Sarolangun masih banyak masyarakat belum memiliki buku ni nikah, hal itu karena kondisi masyarakat yang menikah dibawah tangan atau nikah sirih.

"Kalau nikah sirih otomatis tidak punya buku nikah, permasalahan belakangan timbul bagi yang bersangkutan terutama untuk membuat administrasi kependudukan keluarga dan akta kelahiran anak serta juga pelaksanaan kepengurusan haji dan murah, "katanya, Kamis (15/04/2021).

Maka pihaknya bersama Pengadilan Agama Kabupaten Sarolangun saat ini sudah menyiapkan solusi bagi masyarakat agar mendapatkan buku nikah yang sangat penting dimiliki oleh pasangan suami istri. 

"Kita berupaya membantu solusi membantu masyarakat dengan bekerja sama dengan pengadilan agama, yang memiliki wewenang isbath nikah, yang artinya mengesahkan nikah yang sudah lalu dengan memenuhi persyaratan dan mengikuti prosedur, yang bersangkutan melaksanakan sidang isbath nikah, kemudian pengadilan, mengesahkan baru kita mengukuhkan pernikahan tersebut lalu dikeluarkan buku nikah," katanya.

Baca juga: Menurut Saat Disuruh Kirim Foto Tanpa Busana, Wanita Ini Jalani Hubungan Tak Normal hingga Begini

Baca juga: Pantang Mundur Ivan Wirata Terus Jalankan Roda Kepartaian

Baca juga: VIDEO Kisah Polwan Cantik Sering Dihina, Begini Kondisi Tivany Sekarang

Penulis: Rifani Halim
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved