Breaking News:

Pemprov Jambi Dukung Wacana Perubahan Skema Subsidi Gas LPG 3 Kg Langsung Ditransfer ke Penerima

Bahkan Pemprov Jambi sendiri memang sejak beberapa tahun lalu telah mengusulkan perubahan skema pemberian subsidi gas tersebut ke pemerintah pusat dan

tribunjambi/zulkifli
Kepala Biro Ekonomi dan SDA Setda Provinsi Jambi, Mukhtamar Hamdi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemprov Jambi menyambut baik wacana perubahan sekema pemberian subsidi gas LPG 3 kg dari subsidi barang menjadi subsidi non tunai langsung ke penerima manfaat.

Bahkan Pemprov Jambi sendiri memang sejak beberapa tahun lalu telah mengusulkan perubahan skema pemberian subsidi gas tersebut ke pemerintah pusat dan Pertamina, supaya subsidi yang diberikan lebih tepat sasaran.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Biro Ekonomi Sember Daya Alam Setda Provinsi Jambi Mukhtamar Hamdi kepada Tribunjambi.com, Kamis (15/4/2021).

"Kalau kita cerita masalah subsidi baik gas maupun pupuk persoalnya adalah tidak tepat sasaran. Dan itu kita akui bahwa kenyataan di lapangan memang seperti itu," kata Mukhtamar.

Lanjutnya, pemberian subsidi gas Lpg barang banyak penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di lapangan. Baik pengoplosan, penjualan kepala pihak yang tidak tepat, dan harga di atas HET.

"Dan ini kita sulit untuk melakukan pengawasan. Baik untuk pupuk maupun LPG," ujarnya.

Menurutnya, jika subsidi gas tersebut diberikan langsung ke penerima berbenruan bantuan non tunai atau di transfer langsung ke penerima by name by adres seperti bantuan Rastra yang diganti dengan BPNT, maka dipastikan subsidi gas juga akan tepat sasaran.

"Wacana ini dari dulu kita tunggu. Kita berharap perubahan skema pemberian subsidi gas ini bisa terealisasi," sebutnya.

Jika pemberian subsidi gas ini nantinya dirubah, maka harga gas Lpg 3 kg di pasaran akan sesuai standar, sebab subsidi diberikan langsung kepada penerima manfaat berupa bantuan non tunai.

Baca juga: Rekrutmen Anggota PPK PSU Pilgub Jambi Sepi Peminat, KPU Batanghari Perpanjang Waktu Pendaftaran

Baca juga: DPRD Kota Jambi Sediakan Takjil Gratis selama Ramadhan di Masjid Niman-Nasir

Baca juga: VIDEO Pimpinan KKB Papua Lekagak Telenggen Tembak Mati Tukang Ojek

Penulis: Zulkipli
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved