Breaking News:

Berita Sarolangun

Pemkab Sarolangun Diminta Bantu Danai Sidang Itsbat Nikah Untuk Masyarakat

Syatar juga menyebutkan, bahwa pihaknya saat ini masih mendata masyarakat yang memang belum memiliki buku nikah

Rifani halim
M Syatar 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN -Pihak kemenag Sarolangun sendiri juga berharap perhatian dari Pemerintah kabupaten sarolangun, agar  menganggarkan biaya administrasi kepada masyarakat yang mau melakukan sidang Isbath nikah untuk mendapatkan buku nikah.

"Kita juga berharap perhatian pemerintah daerah, karena sesuai peraturan butuh juga biaya administrasi, sehingga nanti ada bantuan pemerintah soal biaya ini, dan kita kemarin sudah koordinasi dengan Kesra bagaimana nanti bisa membantu masyarakat dan kita juga minta dukungan dari dewan. Mudah mudahan ini bisa terwujud,"kata M Syatar, Kamis (15/4/2021).

Akan tetapi, bila masyarakat harus secara mandiri dalam mengeluarkan biaya administrasi ini juga bisa dilakukan.

Syatar mengatakan, hingga saat ini masyarakat sudah ada yang melakukan isbath nikah dan  pengadilan agama memberikan penghargaan kepada kecamatan singkut karena paling banyak melakukan sidang isbath nikah. 

"Biaya itu kita melihat radius atau jarak, kalau jaraknya jauh dari tempat pelaksanaan sidang isbath, tidak begitu besar, tidak sampai Rp 500 ribu perpanjangan. Mandiri ini wajib biaya dari masyarakat, dan tentunya masyarakat siap karena membutuhkan buku nikah," katanya. 

Syarat dalam pengurusan Isbath nikah ini, meliputi Data yang bersangkutan dari pihak terkait, pihak desa, dukcapil, sehingga data kependudukan memang jelas, kemudian ada saksi. 

"Makanya di sidang, sehingga memang tidak sembarangan melaksanakan sidang isbath nikah ini," pungkasnya.

Syatar juga menyebutkan, bahwa pihaknya saat ini masih mendata masyarakat yang memang belum memiliki buku nikah ini, pendataan dilakukan melalui Kantor Urusan Agama (KUA) di Willayah kecamatan masing-masing. 

"Tapi sebenarnya cukup banyak yang sudah nikah tapi belum ada buku nikah, kalau perlu by name by address. Dan yang lebih kita harapkan masyarakat datang ke KUA di wilayah Kecamatan masing-masing untuk melakukan sidang isbath nikah ini. Karena ini kebutuhan masyarakat," katanya. 
 

--

Baca juga: Alasan Hidupi 5 Anak, Mama Muda Ini Nekat Jual Diri demi Penuhi Kebutuhan Ekonomi Keluarga

Baca juga: Abaikan Larangan Ibu, Eko Temui Pacar Sesama Jenis kini Nasibnya Membusuk jadi Mayat

Baca juga: Warga Sarolangun yang Belum Memiliki Buku Nikah Kini Ada Kemudahan, Kemenag Beri Penjelasan

Penulis: Rifani Halim
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved