Breaking News:

Ramadhan 2021

Sudah Berdiri Sejak 1984, Masjid Jami' Assa'adah Masih Berdiri Kokoh di Kabupaten Tebo

Meski sudah berdiri puluhan tahun, namun bangunan masjid yang didominasi warna putih dan hijau ini, masih tampak terawat dengan baik. 

tribunjambi/hendro sandi
Masjid Jami' Assa'adah yang sudah berdiri sejak tahun 1984 


TRIBUNJAMBI.COM, MUARATEBO - Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, memiliki satu diantara masjid tertua yang hingga saat ini masih berdiri kokoh. Dia adalah Masjid Jami' Assa'adah yang sudah berdiri sejak tahun 1984.

Meski sudah berdiri puluhan tahun, namun bangunan masjid yang didominasi warna putih dan hijau ini, masih tampak terawat dengan baik. 

Ciri khas masjid yang berada di Jalan Sultan Thaha Syaifuddin, Kelurahan Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah ini, yakni adanya tangga besar dan lebar di bagian pintu depan, untuk jamaah menuju lantai dua masjid.

Masjid ini pun setiap harinya selalu ramai dikunjungi para jamaah untuk beribadah. Apalagi di bulan suci ramadhan saat ini. Meski demikian, penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan baik oleh pengurus masjid.

Menurut Imam Masjid, H Al-Jufri AR, di masjid ini juga telah berdiri pasantren, yang dibuka sejak tahun 2019 lalu. Namun jumlah santri yang belajar dibatasi maksimal 20 orang. 

Diakuinya, pengurus masjid berencana membangun madrasah di halaman belakang masjid, agar kedepan bisa menampung santri lebih banyak lagi. 

Meski terbatas, para santri tidak dikenakan SPP. Hanya saja setiap santri dibebankan biaya makan sebesar Rp 500 ribu per bulan.

H Al-Jufri AR berkata, salah satu kegiatan rutin santri adalah melaksanakan Pengajian Antara Magrib dan Isya (PAMI). 

"Dengan kegiatan ini rata-rata santri sudah menghafal 2 juz Al-Qur'an bahkan ada yang lebih,” kata H Al-Jufri AR (14/4/2021).

Keamanan di masjid ini pun diperketat, setelah adanya beberapa kejadian pencurian kotak amal. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lagi, pengurus masjid memasang 8 unit CCTV disejumlah sudut masjid.

(Tribunjambi/hendrosandi)

Baca berita lain terkait Tebo

Baca juga: Berawal Dari Film Bollywood, Gamar Fardella Sukses Bisnis Jasa Pasang Henna di Kota Jambi

Baca juga: Sejak Awal 2021 Satgas Benur Polda Jambi Mampu Amankan 1,1 Juta Benur Senilai Rp 100 Miliar

Baca juga: Kabar Gembira, Sudah Sepekan Kasus Covid-19 di Muarojambi Nihil Penambahan

Penulis: HR Hendro Sandi
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved