Breaking News:

Berita Kota Jambi

Pembayaran THR Bisa Dinegosiasi, Disnakertrans Jambi Minta Berikan Sesuai Upah Satu Bulan

Pembayaran THR Bisa Dinegosiasi, Disnakertrans Jambi Minta Berikan Sesuai Upah Satu Bulan

Thinkstock
ilustrasi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pihak perusahaan bisa melakukan perundingan kesepakatan dengan karyawan terkait pembayaran maupun jumlah terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri 1442 H.

Keputusan ini setelah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jambi menerima surat edaran dari Kementerian terkait pembayaran THR dengan nomor : M/6/04/IV/2021.

Kepala Bidang Pembinaan Wasnaker dan Hubungan Indusrial Disnakertrans Provinsi Jambi, Dedi Ardiansyah mengatakan, pembayaran THR tahun ini tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya, hanya saja di tahun ini lebih menekankan pada perundingan. Hal ini karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Dedi menyebutkan, perusahaan bisa saja perusahaan membayar THR semampunya kepada karyawan atau bisa saja perundingan untuk pembayaran dalam waktu yang disepakati bersama.

"Namun ini wajib dibayarkan seminggu sebelum hari raya. Kalaupun keduanya sepakat dengan pembayaran THR semampu perusahaan, tak menjadi masalah, yang penting keduanya sepakat," timpalnya, Rabu (15/4/2021).

Kendati begitu, pihaknya meminta kepada perusahaan agar membayarkan THR sesuai aturan.

"Jangan sampai ini menjadi dimanfaatkan perusahaan untuk membayarkan THR dengan jumlah yang lebih kecil. Jumlahnya upah satu bulan kerja," jelasnya.

Disnakertrans juga akan membuka posko pengaduan THR di kantor Disnaker Provinsi Jambi, 3 UPTD  Disnaker Provinsi Jambi, dan pada Disnaker kabupaten/kota.

Sebelumnya pada 13 April, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Pemberian THR Keagamaan bagi pekerja merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja dan keluarganya dalam merayakan hari raya keagamaan. Pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pengusaha kepada pekerja. 
(are)

Baca juga: Tergiur Untung RP 200 Ribu,Kuli Bangunan Harus Bayar Mahal Perbuatannya Dibalik Bui Selama 8 Tahun

Baca juga: Mengaku Merasa Jijik dengan Pacar Warianya, Hidayat Bunuh Pacar Warianya: Dia Minta Mesum

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Subtema 3 Pembelajaran 4, dari Halaman 172 Sampai 183

Penulis: Mareza Sutan AJ
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved