Breaking News:

22 Desa di Kabupaten Merangin Dapat Alokasi Dana Desa

Penyerahan bantuan alokasi dana desa ini dilakukan secara simbolik oleh wakil Bupati Merangin Mashuri kepada Thoirin Kepala Desa Beringin Tinggi

Istimewa
Dua puluh dua desa di Kabupaten Merangin resmi mendapatkan dana alokasi dana desa dari pemerintah Kabupaten Merangin. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dua puluh dua desa di Kabupaten Merangin resmi mendapatkan dana alokasi dana desa dari pemerintah Kabupaten Merangin.

Penyerahan bantuan alokasi dana desa ini dilakukan secara simbolik oleh wakil Bupati Merangin Mashuri kepada Thoirin Kepala Desa Beringin Tinggi Kecamatan Jangkat Timur  yang berlangsung secara langsung dan virtual dari Aula Kantor Bappeda Merangin.

Penyerahan dilangsungkan dalam acara yang dikemas dalam Launching Peraturan  Bupati Merangin No 2 tahun 2021 tentang afirmasi alokasi dana desa tahun anggaran 2021 untuk perhutanan sosial yang diselenggarakan Pemda Merangin bekerjasama dengan Komunitas Konservasi Indonesia Warsi.   

Bupati Merangin yang hadir secara virtual dalam acara ini menyebutkan bahwa diluncurkannya peraturan bupati ini untuk mendukung Perhutanan Sosial  yang  merupakan salah satu  Program Strategis  Nasional guna  mengatasi kemiskinan, pemerataan ekonomi dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Sebagaimana tertuang dalam RPJMN 2020-2024.

Baca juga: Jadwal Buka Puasa Rabu 14 April 2021 Jakarta Makassar Medan Semarang Palembang Yogyakarta Bandung

Baca juga: Sejak Awal 2021 Satgas Benur Polda Jambi Mampu Amankan 1,1 Juta Benur Senilai Rp 100 Miliar

Baca juga: Besok, Lima Zodiak ini Diramalkan Beruntung dari Segi Keuangan, Ada yang Mendapatkan Keajaiban

Di Kabupaten Merangin terdapat 31 izin perhutanan sosial seluas 44.439 hektar pada  kawasan  hutan yang dapat dikelola oleh  masyarakat secara  berkelanjutan, baik berupa skema hutan adat maupun hutan desa. Dengan kondisi ini, pemerintah daerah mendukung program perhutanan sosial sesuai instruksikan Mendagri kepada seluruh  Gubernur, Bupati/Walikota dalam  Surat Mendagri  No.552/1392/SJ.

“Kami mendukung perhutanan sosial, karena Merangin sangat kaya dengan potensi yang bisa diambil dari program ini. Diantaranya pengembangan agroforestri, ekowisata dan jasa lingkungan,”kata Bupati Merangin Al Haris.

Al Haris menyebutkan potensi perhutanan sosial inilah yang terus dikembangkan, guna mencapai tujuan bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menjaminkan pengelolaan hutan lestari.

“Beberapa lokasi perhutanan sosial di Merangin sudah  berhasil meningkatkan  ekonomi desa, salah  satunya sudah mendapat  predikat platimum dari  KLHK,”kata Haris.

Untuk mendukung perhutanan sosial di Merangin AL Haris menyebutkan perlu adanya dukungan pendanaan dari pemerintah daerah. Untuk itulah diterbitkannya Perbup No 2 tahun 2021.

Halaman
1234
Editor: Andreas Eko Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved