Breaking News:

Berita Kota Jambi

Faktor Cuaca, Hilal tidak Terlihat di Jambi, Ramadan Jatuh pada Selasa 13 April 2021 Ini

Terkendala cuaca tim hisab rukhyat Kanwil Kemenag Provinsi tidak berhasil melihat hilal tanda masuk bulan Suci Ramadhan. 

TRIBUNJAMBI/ZULKIFLI AZIS
Faktor Cuaca, Hilal tidak Terlihat di Jambi. Rukhyatul hilal 2021 di Jambi dilaksanakan di hotel 02 Westo Kota Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Terkendala cuaca tim hisab rukhyat Kanwil Kemenag Provinsi tidak berhasil melihat hilal tanda masuk bulan Suci Ramadhan. 

Rukhyatul hilal di Jambi dilaksnakan di hotel 02 Westo Kota Jambi.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi Muhammad mengatakan dari sisi alat dan sarana yang digunakan sudah sangat memungkinkan untuk melihat hilal. Selain itu posisi hilal sudah berada diatas tiga derajat dan kesempatan untuk melihat hilal sekitar 15 menit.

"Cuaca sekarang sangat tidak menentu. Kalau dulu mungkin tidak ada yang namanya polusi udara jadi sangat memungkinkan untuk melihat hilal. Tapi sekarang pengaruhnya luar biasa," kata Muhammad. 

Meski tidak terlihat di Jambi, Muhammad berkeyakinan puasa pertama pada tahun ini dilaksnakan serentak baik NU maupun Muhammadiyah. 

"Walaupun kita tidak melihat di Jambi tapi kan pemantaun ini dilakukan di seluruh Indonesia. mungkin di daerah lain terlihat," pungkasnya. 

Sementara itu Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Jambi H Rahmadi menyampaikan titik pemantauan hilal di jambi sudah cukup tinggi yakni 50 M diatas permukaan laut. Namun karna faktor cuaca sehingga hilal tertutup awan.

Meskipun tidak melihat hilal namun berdasarkan perhitungan hisab dua syarat sudah terpenuhi bahwa awal bulan Suci Ramadhan itu jatuh pada Selasa 13 April 2021 besok.

"Meskipun di tempat kita tidak terlihat masih ada di tempat lain yang kemungkinan melihat hilalnya lebih tinggi," pungkasnya. 

Baca berita lain terkait Ramadhan 2021

Baca juga: Sidang Putusan Mantan Kades Sungai Tering Ditunda Dua Minggu 

Baca juga: BREAKING NEWS: 1 Ramadhan Jatuh pada Selasa, 13 April 2021 Hasil dari Sidang Isbat Kemenag

Baca juga: BESOK Sahur Pertama Ramadhan 1442 H, Ini Bacaan Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh & Waktu Tepatnya

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved