Breaking News:

Berita Kota Jambi

Kisah Perjuangan Ulta Miftakul Janah Menuju Finalis Duta Bahasa Provinsi Jambi 2021

Nama Ulta Miftakul Janah sering terdengar di kalangan civitas akademika Universitas Jambi. Hal ini karena banyak prestasi yang ditorehkannya.

Tribunjambi.com/MG/Haris
Ulta Miftakul Janah 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Nama Ulta Miftakul Janah sering terdengar di kalangan civitas akademika Universitas Jambi. Hal ini karena banyak prestasi yang ditorehkannya.

Mahasiswi Pendidikan Biologi ini telah menjuarai event tingkat Nasional, seperti juara II  PKM yang dilaksanakan Kemendikbud. 

Kini dia juga lolos ke tahap finalis Duta Bahasa Provinsi Jambi 2021.
Lolos sampai di tahap finalis bukanlah sesuatu hal yang mudah, tentu saja melewati halangan dan rintangan terlebih dahulu. 

Ia telah mengikuti audisi pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi sebanyak tiga kali, pada tahun 2018, 2020, dan 2021. 

Pada tahun 2018 Ulta hanya sampai pada tahap 60 besar karena sakit. Pada tahun 2020 audisi diselenggarakan secara daring dan ia mencapai pada tahap 30 besar. 

Pada tahun 2021 mahasiswi semester delapan ini mencoba mengikuti seleksi Duta Bahasa Provinsi Jambi lagi.

Pada awalnya ia pesimis dengan alasan sudah beberapa kali gagal dalam kompetensi ini. Teman-temannya memberi dorongan sehingga Ulta memiliki keberanian untuk mengikuti seleksi ini.

“Seandainya saja jika saya tidak mencoba, mungkin nanti diakhir saya akan menyesal. Walaupun tidak lolos di sini, setidaknya saya sudah mencoba kembali. Nanti apapun hasilnya tidak ada penyesalan di akhir,” ujarnya, Senin (5/4/2021) via telepon.

Pada waktu seleksi secara daring, gawai yang digunakan Ulta terkendala jaringan, sehingga membuat laman website test hilang. Ia panik, ia mengerjakan semampunya. Ia ternyata lolos, setelah melihat pengumuman melalui media sosial.

Pada saat masih tahap seleksi, ia berduka, sebab neneknya yang berada di Jawa sedang sakit. Saat itu  ia berniat pulang ke kampung halamannya.

“Resikonya kalau saya pulang, saya harus berhenti untuk mengikuti tes Duta Bahasa” jelasnya.

Tetapi dikuatkan oleh orang tuanya untuk tetap berada di Jambi mengikuti seleksi.

Waktu tes di tahap semifinalis, ia memaksimalkan kemampuannya. Ia mencari materi yang mendukung untuk tahap tersebut. Setelah tiga kali mengikuti seleksi pemilihan Duta Bahasa Provinsi Jambi akhirnya ia lolos menjadi finalis tahun 2021.

Tribunjambi.com/MG/Haris

Baca juga: VIDEO Rumaputi Kafe Estetik Dengan Menu Andalan Tradisional

Baca juga: VIDEO Banjir Mulai Menggenangi Kawasan Seberang Kota Jambi

Baca juga: Jadwal Liga Champions Malam Ini Babak 8 Besar, Ada Chelsea vs Porto dan PSG vs Bayern Munchen

Baca juga: VIDEO Harga Daging dan Cabai Diperkirakan Naik Jelang Ramadhan

Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved