Breaking News:

Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni Buka Musrembang RKPD Provinsi Jambi Tahun 2022

Hadir secara langsung Pj Gubernur Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Bupat/Walikota se Provinsi Jambi, Kepala Bapepeda se Provinsi Jambi, Anggota DPR D

Zulkipli
Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni Buka Musrembang RKPD Provinsi Jambi Tahun 2022 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrembang) RKPD Provinsi Jambi tahun 2022, Selasa (6/4/2021).

Hadir secara langsung Pj Gubernur Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Bupat/Walikota se Provinsi Jambi, Kepala Bapepeda se Provinsi Jambi, Anggota DPR DPR RI Dapil Jambi. Serta Sekjen Kemendagri Dr Ir Muhammad Khudori dan Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakarjaan Bappenas RI Pungky Sumadi secara virtual.

Selaku ketua panitia Kepala Bppeda Provinsi Jambi Dony Iskandar menyampaikan pelaksanaan Musrenbang Provinsi Jambi ini dilaksanakan secara hybrid yaitu luring maupun daring dengan memanfaatkan teknologi virtual.

Baca juga: Nissa Sabyan Foto Bareng Pengantin Mempelai Wanita, Netizen: Jagain Lakiknya Jangan Sampai di Gelayy

Baca juga: Jelang Ramadan Bahan Baku Tahu Tempe kembali Naik, Produsen Menjerit

Baca juga: Kondisi PM Jepang Yoshihide Suga Jadi Sorotan Setelah Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua 

"Namun kami berharap, hal ini tidak mengurangi esensi dari tahapan perencanaan pembangunan, karena forum ini merupakan bagian penting dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD Provinsi Jambi Tahun 2022. Disamping itu, hal ini akan menjadi titik tolak kita dalam meletakkan kebijakan-kebijakan pembangunan secara komprehensif satu tahun ke depan," ujarnya.

Dony menjelaskan, kegiatan Musrenbang RKPD Provinsi Jambi tahun 2022 telah dimulai dengan beberapa rangkaian kegiatan, yakni forum konsultasi publik penyusunan RKPD Provinsi Jambi yang dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2021, guna menjaring aspirasi masyarakat dan para pemangku kepentingan terhadap rancangan awal RKPD Provinsi Jambi, diikuti oleh unsur pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, instansi vertikal, akademisi, organisasi profesi, perbankan, organisasi kemasyarakatan, insan pers, serta lembaga adat.

Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan forum lintas perangkat daerah pada tanggal 8 -16 Maret 2019 di Bappeda Provinsi Jambi, yang diikuti oleh Bappeda Provinsi Jambi dan Kabupaten/Kota serta Perangkat Daerah provinsi.

Selanjutnya, Musrenbang ini dilaksanakan dengan pembahasan desk per prioritas pembangunan Provinsi, dari tanggal 5 - 9 April 2021, diikuti oleh Bappeda dan Perangkat Daerah Provinsi, serta Bappeda dan Perangkat daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Dony memaparkan bahwa usulan dari kabupaten/kota untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jambi Tahun 2022 berjumlah 451 usulan pada lima prioritas.

"Jumlah usulan ini lebih besar dari proyeksi kemampuan keuangan daerah untuk pembangunan tahun 2022 yang berjumlah lebih kurang Rp4,7 Triliun," sebutnya.

Sementara untuk usulan yang berasal dari Pokok-pokok Pikiran DPRD Provinsi Jambi berjumlah 1.421 usulan dengan jumlah anggaran sebesar Rp.323,69 Milyar. Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Jambi sendiri juga memiliki target-target pembangunan yang juga membutuhkan anggaran yang cukup besar.

Sementara itu Pj Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni dalam sambutanya mengajak para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi untuk lebih intensif dalam berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Provinsi Jambi dalam menyusun perencanaan yang baik dan bersinergi, memiliki daya ungkit, serta memiliki indikator yang jelas dan terukur.

"Pengusulan program kegiatan saya harap lebih fokus, berkualitas, tidak terlalu banyak, memiliki nilai strategis, serta memberikan manfaat kepada masyarakat. Mari kita jadikan momentum musrenbang ini sebagai salah satu kesempatan untuk selalu berinovasi dan mengembangkan ide-ide baru dalam perencanaan," jelasnya.

Ditambahkan Pj Gubernur, mengacu pada isu strategis dan sasaran pokok RPJPD serta memperhatikan keselarasan tema dan prioritas RKP Nasional Tahun 2022 maka tema RKPD Provinsi Jambi Tahun 2022 adalah “Pemulihan Ekonomi dan Peningkatan Resiliensi” yang selanjutnya dijabarkan dalam lima prioritas pembangunan daerah.

Pertama, pembangunan ekonomi. Kedua pembangunan sumberdaya manusia, Sosial dan Budaya. Ketiga, pembangunan Infrastruktur wilayah dan pelayanan dasar, serta Komunikasi dan Informasi.
Keempat, pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan, lingkungan hidup dan ketahanan bencana. Kelima, peningkatan tata kelola pemerintahan dan ketenteraman dan ketertiban umum.

Usai dibuka secara Resmi oleh Pj Gubernur Jambi kegiatan Musrembang lalu dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan dari Sekjen Kemendagri dan Kementrian Bappenas RI. Serta diskusi dengan para Kepala Daerah serta peserta Musrembang yang hadir.

Penulis: Zulkipli
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved