Breaking News:

Berita Nasional

30 Anggota KKB Papua Sandera Pesawat Susi Air, Aksi Para Penumpang Ajak Negoisasi Berjalan Mulus

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali buat masalah, kali ini pesawat Susi Air dan Pilotnya disandera kelompok separatis itu, di Kabupaten

kolase/tribunjambi.com
Ilustrasi KKB Papua sandera Pesawat Susi Air 

TRIBUNJAMBI.COM - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali buat masalah, kali ini pesawat Susi Air dan Pilotnya disandera kelompok separatis itu, di Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (12/3/2021) pagi.

Setelah terjadi aksi negosiasi dengan perwakilan KKB, pilot dan penumpang pun akhirnya bisa selamat.

"Front bersenjata OPM (KKB) kembali melakukan teror dengan menyandera pesawat PT Asi Pudjiastuti Aviation (Pilatus PC-6 S1-9364 PK BVY) di Lapangan Terbang Wangbe, Distrik Wangbe Kabupaten Puncak, Papua," kata Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel CZI IGN Suriastawa, melalui rilis, Sabtu (13/3/2021).

Baca juga: Bawa Senjata Laras Panjang, KKB Papua Sandera Penumpang dan Pilot Pesawat, Begini Kronologinya

Baca juga: Detik-detik Anggota KKB Papua Tewas Tertembak Dalam Kontak Senjata dengan Anggota TNI di Intan Jaya

Baca juga: Satu Anggota KKB Papua Berhasil Dilumpuhkan TNI Saat Coba Ganggu Aktivitas Tentara Indonesia Itu

Suriastawa menjelaskan, pesawat yang diketahui dipiloti Captain Ian John Terrence Hellyer yang merupakan warga negara Selandia Baru, dengan membawa tiga orang penumpang, Ricky Dolame, Arikala Dolame, dan Arike Wandikbo.

Sekitar pukul 06.20 WIT, 30 orang anggota KKB mendatangi Lapangan Terbang Wangbe dengan membawa dua puncuk senjata api laras panjang.

"Menurut pilot, dua di antara puluhan (anggota) KKB membawa senjata laras panjang. Beruntung selama disandera dua jam, pilot dan tiga penumpang tidak mengalami tindak kekerasan. Walaupun merasa khawatir akan keselamatannya karena sempat ditodong senjata," ujar Suriastawa.

Dari keterangan pilot, anggota KKB yang melakukan penyanderaan itu sempat mengancam agar pesawat maskapai Susi Air dilarang membawa penumpang dari TNI-Polri.

Selain itu, KKB juga menyampaikan kekecewaannya dengan kepala kampung karena tidak memberikan dana desa kepada mereka.

Penyanderaan berakhir setelah negosiasi antara penumpang dengan pihak KKB sendiri.

Kemudian sekitar pukul 08.36 WIT pesawat Susi Air PK BVY take off menuju Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika dan mendarat dengan aman tanpa ada masalah sedikit pun.

Halaman
1234
Editor: Andreas Eko Prasetyo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved