Breaking News:

Kasus Corona di Jambi

Guru dan Murid SMA dan SMK di Jambi Terpapar Covid-19, Sekolah Diimbau Lakukan Rapid Tes Kepada Guru

Sehingga, dua sekolah tersebut langsung diliburkan dan dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah...

Zulkifli azis
Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Bukri 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM), satu guru dan satu siswa tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Provinsi Jambi dilaporkan terpapar Covid-19. 

Dengan ini Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, mengharap kepada para gruru untuk melakukan swab atau rapid tes secara mandiri. Hal ini mencegah adanya penularan kasus Covid-19 di sekolah.

Jubir Satgas Penananganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah mengatakan, seharusnya semua guru yang melakukan pengajaran di sekolah, sebelumnya harus melakukan pemeriksaan rapid test terlebih dahulu. Sehingga ini mencegah dan meminimalisir jika adanya yang terkonfirmasi di sekolah.

“Jadi mereka harus melakukan rapid test secara mandiri saja, seharusnya ini merupakan screening awal sebelum melakukan pembejaran, dan ini diwajibkan seharusnya,” kata Johansyah, Senin (8/3).

Lanjutnya, jika nantinya ada salah satu gejala yang ditimbulkan dan mengarah pada Covid-19, maka tim satgas akan langsung bertindak. Kemudian, guru tersebut tidak langsung masuk sekolah dan dilaporkan ke sekolah.

"Nanti kita langsung melakukan tindakan preventif, sehingga kita bisa mengantisipasi penyebaran Covid-19 di sekolah," tambahnya.

Johansyah menyebutkan, untuk sekolah yang sudah melakukan pembelajaran tatap muka, harus ada kerjasama dengan puskesmas terdekat. Hal ini bertujuan untuk mempercepat dalam penanganan ketika ada persoalan di sekolah.

"Pengawasan juga harus ketat dilakukan oleh sekolah terhadap protokol di sekolah," tandasnya.

Menyikapi hal tersebut, plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Bukhri mengatakan, terkait hal itu, diserahkan langsung pada sekolah dan tim satgas penanganan Covid-19.

"Sekolah silahkan berkoordinasi langsung dengan tim satgas Covid-19 di Provinsi Jambi," singkatnya.

Sebelumnya ada seorang guru di SMKN 1 Kota Jambi dan siswa yang di SMAN 1 Kota Jambi terpapar Covid-19.

Sehingga, dua sekolah tersebut langsung diliburkan dan dilakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah adanya penularan Covid-19. 

(Plt Kepala Dinas Pendidikan)
 

--

Baca juga: Pemkab Sarolangun Tegas ke Perusahaan Soal Karhutla

Baca juga: 8 Resep Minuman Air Kelapa Ini Cocok Untuk Berbuka Puasa di Tengah Pandemi

Baca juga: Peta Rawan Karhutla di Sarolangun dan Persoalan Gambut Berbatasan dengan PT

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved