Breaking News:

Berita Tanjab Timur

Kebiasaan Buruk Masyarakat Pesisir di Tanjab Timur Buang Sampah di Sungai Harus Ditinggalkan

Dinas Lingkungan Hidup Tanjab Timur mengakui penanganan sampah tidak cukup dengan dengan berkerja sendiri

tribunjambi/abdullah usman
Petugas pengangkut sampah di Kabupaten Tanjab Timur. Kebiasaan Buruk Masyarakat Pesisir di Tanjab Timur Buang Sampah di Sungai Harus Ditinggalkan  

Kebiasaan Buruk Masyarakat Pesisir di Tanjab Timur Buang Sampah di Sungai Harus Ditinggalkan 

Laporan wartawan Tribunjambi.com, Abdullah Usman

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Dinas Lingkungan Hidup Tanjab Timur mengakui penanganan sampah tidak cukup dengan dengan berkerja sendiri, kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya sangat diperlukan. 

Dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanjabtim Gustin mengatakan, dalam upaya melakukan pengolahan sampah tersebut, petugas DLH saja tidak cukup bekerja sendiri. 

Tentunya, peran masyarakat sangat penting terkait hal ini. Contohnya, masyarakat harus tertib dalam membantu pengurangan sampah, seperti membuang sampah pada tempatnya.

"Kebanyakan masyarakat yang ada di pesisir membuang sampah di sungai, sehingga dapat mencemari lingkungan sungai," ujarnya.

Kurangi Penggunaan Kantong Sampah Plastik, Pemkab Tanjab Timur Siapkan Peraturan Bupati

Djoko Tjandra Dituntut Hukuman 4 Tahun Penjara, Boyamin Saiman Sebut Sudah Maksimal

Sarolangun Tingkat Dua Potensi Karhutla di Jambi, Kapolres Ingatkan Siap Siaga Hadapi Karhutla

Kebiasaan buruk yang sudah terjadi sejak turun temurun tersebut, saat ini sudah waktunya untuk ditinggalkan dan diubah dengan gaya hidup bersih.

Ditambahkannya, pada 2020 lalu perhitungan DLH Tanjab Timur, ada sebanyak 40 ribu ton sampah dihasilkan di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini.

"Namun, harus diingat, 40 ribu Ton tersebut tidak semuanya bisa diangkut oleh petugas. Karena sampah ini ada organik dan non organik," jelasnya.

"Meningkatnya jumlah sampah ini tidak tajam dibandingkan tahun sebelumnya, tergantung dari jumlah penduduk, karena menghitung jumlah sampah itu ada rumusannya," pungkasnya. 

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved