Breaking News:

Berita Tanjab Timur

Kurangi Penggunaan Kantong Sampah Plastik, Pemkab Tanjab Timur Siapkan Peraturan Bupati

Dinas Lingkungan Hidup Tanjab Timur siapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang pembatasan penggunaan kantong sampah plastik.

tribunjambi/abdullah usman
Petugas pengangkut sampah di Kabupaten Tanjab Timur. Kurangi Penggunaan Kantong Sampah Plastik, Pemkab Tanjab Timur Siapkan Peraturan Bupati 

Kurangi Penggunaan Kantong Sampah Plastik, Pemkab Tanjab Timur Siapkan Peraturan Bupati 

Laporan wartawan Tribunjambi com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), siapkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang pembatasan penggunaan kantong sampah plastik.

"Rancangan Perbup tersebut telah disampaikan draft nya ke Bagian Hukum Setda Tanjabtim untuk dikaji," kata Kepala DLH Kabupaten Tanjabtim, Gustin Wahyudi, Jumat (5/3/2021).

Dijelaskannya, erbup itu sendiri dibuat bukan untuk semuanya. Artinya peraturan itu hanya berlaku bagi toko-toko modern, seperti swalayan, supermarket, Alfamart dan Indomaret.

"Tapi, kalau untuk pasar-pasar tradisional serta toko-toko kecil, peraturan itu tidak berlaku. Intinya konteks Perbup itu untuk pengurangan sampah di Tanjabtim," sebutnya.

Update Virus B117, Kemenkes Kembangkan Penelitian dan Riset

Download Lagu DJ Remix Full Bass, Ada Video DJ Breakbeat, DJ Slow dan DJ Tiktok Viral 2021 Terbaik

Sarolangun Tingkat Dua Potensi Karhutla di Jambi, Kapolres Ingatkan Siap Siaga Hadapi Karhutla

Gustin menambahkan, bahwa untuk pengelolaan sampah ini terbagi menjadi Dua, yakni penanganan dan pengurangan sampah.

Sampai saat ini DLH Tanjabtim baru menerapkan terkait penanganan sampah berupa pengangkutan sampah.

"Kemudian juga ada yang namanya pemilahan sampah. Itu pun hanya dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Grohol Kelurahan Parit Culum I, Kecamatan Muara Sabak Barat," ujarnya.

Diakuinya, sesuai dengan renstra, sampai saat ini DLH hanya fokus pengangkutan sampah di Tujuh Kecamatan dari 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanjabtim. 

" Yakni Kecamatan Muara Sabak Barat, Muara Sabak Timur, Nipah Panjang, Rantau Rasau, Dendang, Geragai dan Kuala Jambi," ia menjelaskan.

"Sedangkan Empat kecamatan lain yang belum tercover pengangkutan sampah di Kecamatan Sadu, Berbak, Mendahara dan Mendahara Ulu," pungkasnya.

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved