Breaking News:

Berita Nasional

Hasto Ungkap Alasan Megawati Angkat SBY Jadi Menko Polkam, Walau Dituding Terlibat Tragedi Kuda Tuli

Marzuki Alie menyebut Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri kecolongan karena mengangkat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Menko Polkam.

Editor: Rahimin
Kolase/Tribun Jakarta
SBY dan Megawati Soekarnoputri. Hasto Ungkap Alasan Megawati Angkat SBY Jadi Menko Polkam, Walau Dituding Terlibat Tragedi Kuda Tuli 

Hasto Ungkap Alasan Megwati Angkat SBY Jadi Menko Polkam, Walau Dituding Terlibat Tragedi Kuda Tuli

TRIBUNJAMBI.COM - Mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Marzuki Alie menyebut Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri kecolongan karena mengangkat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Menko Polkam.

Menjawab hal itu, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menceritakan alasan ketua umumnya Megawati Soekarnoputri kala menjabat Presiden kelima RI yang SBY sebagai Menko Polkam.

Hal itu disampaikan Hasto menanggapi pernyataan Marzuki Alie soal pernyataan SBY yang mengatakan Megawati kecolongan dua kali saat pilpres 2004.

AHY Sebut Ada Kelompok Ingin Memecah Hubungan SBY-Jokowi, Ada Yang Mau Seseorang Jadi Capres 2024

Kronologi Ditangkapnya Kompol Yuni Purwanti & 11 Anak Buahnya Kasus Narkoba, Propam Turun Tangan

Kebakaran di Tanjabbar, 11 Rumah di Tebing Tinggi Terbakar, 1 Orang Tim Pemadam Meninggal Dunia

Diceritakan Hasto, saat itu beberapa elite PDI-P mempertanyakan keputusan Megawati menunjuk SBY sebagai menterinya. Hasto memperoleh cerita tersebut dari Cornelis Lay.

Ia bilang, SBY dianggap terlibat dalam tragedi Kerusuhan Dua Puluh Tujuh Juli (Kuda Tuli) yang memporak-porandakan Kantor DPP PDI (nama PDI-P di era Orde Baru).

Selain dianggap terlibat peristiwa Kuda Tuli, SBY juga dipermasalahkan karena merupakan menantu Sarwo Edhie Wibowo yang dianggap bersebrangan dengan Presiden Sukarno di era Orde Lama.

“Namun sikap Megawati Soekarnoputri yang lebih mengedepankan rekonsiliasi nasional dan semangat persatuan lalu mengatakan ‘Saya mengangkat Pak SBY sebagai Menko Polkam bukan karena menantu Pak Sarwo Edhie’,” kata Hasto menirukan ucapan Megawati dalam keterangan tertulis, Rabu (17/2/2021).

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) (ISTIMEWA)

“Saya mengangkat dia karena dia adalah TNI, Tentara Nasional Indonesia. Ada 'Indonesia' dalam TNI sehingga saya tidak melihat dia menantu siapa. Kapan bangsa Indonesia ini maju kalau hanya melihat masa lalu?” tutur Hasto yang masih menirukan ucapan Megawati.

Menurut Hasto, saat menyusun Kabinet Gotong Royong bersama Hamzah Haz, Megawati lebih mengedepankan spirit persatuan ketimbang ego golongan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved