Breaking News:

Jelang Pembacaan Tuntutan, KPK Pindahkan Cornelis, AR Syahbandar, dan Chumaidi Zaidi ke Lapas Jambi

Jelang Pembacaan Tuntutan, KPK Pindahkan Cornelis, AR Syahbandar, dan Chumaidi Zaidi ke Lapas Jambi

Tribun Jambi/ Istimewa
Terdakwa kasus ketok palu Cornelis Buston, AR Syahbandar, dan Chumaidi Ziadi dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Jambi, Rabu (17/2/2021) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memindahkan tiga terdakwa kasus suap ketok palu APBD Provinsi Jambi, dari Rutan KPK ke Lapas Kelas IIA Jambi, Rabu (17/2/2021).

Pemindahan tersebut dilakukan menjelang sidang tuntutan yang rencananya dibacakan, Kamis (18/2) di Pengadilan Tipikor Jambi.

Ketiga terdakwa tersebut adalah unsur mantan pimpinan DPRD Provinsi Jambi, Ketua DPRD Cornelis Buston, AR Syahbandar, mantan Wakil Ketua DPRD, dan Chumaidi Zaidi, mantan Wakil Ketua DPRD. 

Baca juga: Brigjen Prasetijo Utomo Dituntut 2,5 Tahun Penjara, Terbukti Terima Uang Suap Dari Djoko Tjandra

Baca juga: Fakta Baru di Balik Sidang Suap Ketok Palu Disampaikan Erwan Malik

Ketiga tahanan dibawa ke Lapas Kelas IIA Jambi menggunakan mobil tahanan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi. Pemindahan dilakukan berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Jambi untuk mendampingi.

Kasi Intel Kejari Jambi, Rusydi Sastrawan, mengatakan, koordinasi dengan KPK sudah dilakukan sejak minggu lalu.

"Untuk pelaksanaan kegiatan ini (pemidahan tahanan Cornelis Cs) hari ini, Alhmdulillah pelaksanaannnya aman, lancar dan terkendali," bilang Rusydi, kemarin.

Di Lapas Jambi, ketiga terdakwa turun dari mobil tahanan dengan mengenakan rompi oranye khas tahanan KPK. Mereka langsung dibawa masuk ke dalam Lapas dengan dikawal petugas dari Kejaksaan Jambi. Cornelis Buston didampingi penasehat hukumnya, Heri Najib.

Sebelumnya, Heri Najib meminta agar kliennya dipindahkan dari Rutan KPK ke Lapas Kelas IIA Jambi. Hal ini disampaikan Heri Najib dalam sidang lanjutan perkara suap DPRD Provinsi Jambi di Pengadilan Tipikor Jambi, Kamis (28/1) lalu.

Seperti diketahui, ketiga terdakwa yang merupakan unsur pimpinan DPRD Provinsi Jambi ini didakwa menerima sejumlah uang, hadiah atau janji dari Zumi Zola dkk untuk pengesahan APBD Provinsi Jambi, tahun 2017-2018.(Tribunjambi.com/udi)

Penulis: Deni Satria Budi
Editor: Deni Satria Budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved