Breaking News:

Berita Kota Jambi

Ketua DPRD Provinsi Edi Purwanto : Ormas Jambi Punya Peran Penting Menjaga 4 Pilar Kebangsaan

Terakhir, Edi berharap ormas juga dapat membantu pemerintah daerah dalam menangkal berita bohong (hoax)

Zulkifli
Ketua DPRD Provinsi Edi Purwanto : Ormas Jambi Punya Peran Penting Menjaga 4 Pilar Kebangsaan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) memiliki peran dalam pembangunan daerah, karena Ormas adalah mitra strategis pemerintah daerah. Ormas juga punya andil dalam mencerdaskan masyarakat. Ini disampaikan oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto pada kegiatan Diskusi membahas Peran dan Fungsi Ormas untuk Ikut Serta dalam Pembangunan Daerah Jambi yang digelar Badan Kesbangpol Provinsi Jambi, Kamis kemarin (11/02/2021).

Menurut Edi, diantara peran penting Ormas adalah menjaga 4 pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, red). Ormas harus membantu pemerintah memproteksi rongrongan ideologi luar terhadap 4 pilar bangsa. "Ideologi Sosialis Komunis, Kapitalis, dan Khilafah ala ISIS gencar menggempur ideologi kita, Pancasila, ormas punya peran vital disini," jelas Edi. 

Selanjutnya Edi berharap Ormas juga dapat membantu pemerintah dalam memutus mata rantai Covid-19. Ia menghimbau masyarakat Provinsi Jambi untuk meminimalisir kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, termasuk pernikahan, agar dilaksanakan secara terbatas dan sederhana saja.  “Ini tugas serius kita hari ini, jadi mari sama-sama kita ingatkan masyarakat untuk tetap disiplin dan taat protokol kesehatan,” imbuhnya.

Tantangan selanjutnya yang mengancam persatuan NKRI adalah politik identitas. Menurut ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi ini ormas juga harus memberikan informasi kepada masyarakat bahwa pemahaman tersebut tidak baik bagi masa depan bangsa. “Untuk kemajuan bangsa ini, yang kita kedepankan seharusnya merit sistem, profesionalisme, kita berikan penghargaan kepada mereka yang layak dan mampu menjalankan suatu amanah, jadi buka berlandaskan SARA ataupun nepotisme,” pesannya.

Terakhir, Edi berharap ormas juga dapat membantu pemerintah daerah dalam menangkal berita bohong (hoax).

“Ini tantangan kita di era sosmed, hoax bertebaran dimana-mana, sesama kita jadi ribut gara-gara berita yang tidak jelas sumbernya, ormas punya peran disini untuk mencerdaskan masyarakat,” pungkasnya.(*)
 

--

Simpan Sabu di Celana Dalam, Petani Asal Jambi ini Mengaku Dapat Barang dari Lapas Tembilahan

Jejalkan Sabu ke Celana Dalamnya, Aksi Petani Asal Tungkal Ketahuan Polisi

HEBOH! Prabowo dan TNI AU Borong Mobil Esemka, Simak Apa Saja Tipe dan Harga Mobil Indonesia Itu

Penulis: Zulkipli
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved