Breaking News:

Titipan Warisan di Titik Nol Indonesia Pulau Sabang, 'Masyarakat Pancasila' Diserahkan

Pak Saydiman dengan para sesepuh TNI lainnya seperti Jenderal TNI Widjojo Suyono, Letjen TNI Kiki Syahnakri dll.

Editor: Edmundus Duanto AS
Istimewa
Pangdam Iskandar Muda, Nanggroe Aceh Darussalam menerima buku ”Masyarakat Pancasila” dari editor AM Putut Prabantoro, Alumnus Lemhannas PPSA XXI, di Titik Nol Indonesia, Pulau Sabang, Selasa (19/01/2021). Penyerahan buku itu disaksikan Danrem 012 Teuku Umar Kol. Inf. Djon Afriandi dan Dosen UMB DR Caturida Meiwanto Doktoralina. 

TRIBUNJAMBI.COM - Buku Masyarakat Pancasila yang merupakan karya terakhir dari Letjen TNI (Purn) Sayidiman Suryohadiprojo diserahkan di Titik Nol Indonesia di Pulau Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam Senin (19/01/2021).

Buku tersebut diterima oleh Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad Marzuki dari editor buku AM Putut Prabantoro, Alumnus Lemhannas PPSA XXI.

Peristiwa bersejarah ini disaksikan Danrem 012/Teuku Umar Kol Inf. Djon Afriandi dan Dosen UMB DR Caturida Meiwanto Doktoralina, yang juga Alumnus Lemhannas PPSA XXI.

Buku setebal 53 halaman itu merupakan hasil permenungan dan pemikiran Sayidiman Suryohadiprojo yang baru saja wafat di Jakarta, Sabtu (16/01/2021). Tulisan “Masyarakat Pancasila” diselesaikan oleh Sayidiman pada Oktober 2018.

Oleh Sayidiman yang merupakan sesepuh TNI hasil permenungan itu disempurnakan pada 01 Januari 2019.

Baca juga: BREAKING NEWS Tipu Korban Rp900 Juta, Calo Polisi Ditangkap Resmob Polda Jambi & Jatanras Polda Riau

Buku tersebut kemudian diluncurkan dalam acara Buka Tahun Baru Bersama XIV Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) pada akhir Januari 2019.

Buku Masyarakat Pancasila
Buku Masyarakat Pancasila (Istimewa)

Pangdam Iskandar Muda Achmad Marzuki menegaskan, penyerahan buku “Masyarakat Pancasila” ini merupakan momentum bersejarah.

Alasannya adalah, judul buku tersebut menjelaskan jati diri bangsa Indonesia yang mendiami sebuah negara yang terletak serta dimulai dari Sabang sebagai titik nol.

Dimulai dari Sabang dan berakhir di Merauke sebagai provinsi di Indonesia yang paling ujung.

“Lagu Dari Sabang Sampai Merauke menjelaskan teritori bangsa dan masyarakat Indonesia yang falsafah hidupnya adalah Pancasila. Titik Nol Indonesia ada di Pulau Sabang ini.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved