Breaking News:

Cara Meminimalisir Efek Samping Vaksin Covid 19, Simak Penjelasannya

Di Indonesia sendiri, vaksinasi Covid-19 masih menuai pro kontra. Ada masyarakat yang bersedia melakukan vaksin namun ada pula yang menolaknya karena

Shutterstock via Kompas
Ilustrasi vaksin Covid-19 

TRIBUNJAMBI.COM - Berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, sudah mulai menjalankan vaksinasi Covid-19.

Di Indonesia sendiri, vaksinasi Covid-19 masih menuai pro kontra. Ada masyarakat yang bersedia melakukan vaksin namun ada pula yang menolaknya karena takut akan efek samping yang terjadi.

Padahal, manfaat vaksin Covid-19 lebih besar daripada efek sampingnya.

Baca juga: Penerima Vaksin Covid 19 Bisa Tularkan Virus Corona, Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

Baca juga: Ombudsman Perwakilan Jambi Awasi Pendistribusian Vaksin Covid-19

Sama dengan jenis vaksin lainnya, efek samping yang terjadi adalah tanda bahwa tubuh merespon vaksin Covid-19 yang disuntikan ke tubuh.

Apa yang terjadi pada tubuh ketika mendapatkan vaksin Covid-19?

Spesialis penyakit paru dari Cleveland Clinic, Jafar Abunasser, mengatakan proses pemberian vaksin hanya membutuhkan waktu 20 detik saja.

Setelah mendapatkan suntikan vaksin, petugas akan melakukan pemantauan sekitar 15 menit untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi.

"Jika Anda pernah mengalami reaksi alergi ringan terhadap vaksin lain atau obat suntik, Anda dapat menerima vaksin dengan aman dengan periode pemantauan 15 menit," ucapnya.

Jika terjadi reaksi alergi, maka kita bisa mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

"Namun, saat ini, kami tetap menyarankan untuk tidak menerima vaksin jika Anda pernah mengalami reaksi anafilaksis terhadap vaksin sebelumnya,” kata Dr. Abunasser.

Jokowi jadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 di Indonesia, Dokter Kepresidenan: Bapak Tidak Terasa Sakit Sedikit Pun, Rabu (13/1/2021).
Jokowi jadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 di Indonesia, Dokter Kepresidenan: Bapak Tidak Terasa Sakit Sedikit Pun, Rabu (13/1/2021). (ist)
Halaman
123
Editor: Nurlailis
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved