Breaking News:

Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - Kehidupan yang Mencari Tuhan

Bacaan ayat: Zefanya 2:3 (TB) - "Carilah TUHAN, hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang melakukan hukum-Nya; carilah keadilan, carilah kerend

Editor: Suci Rahayu PK
ist
Ilustrasi renungan harian 

Kehidupan yang Mencari Tuhan

Bacaan ayat: Zefanya 2:3 (TB) - "Carilah TUHAN, hai semua orang yang rendah hati di negeri, yang melakukan hukum-Nya; carilah keadilan, carilah kerendahan hati; mungkin kamu akan terlindung pada hari kemurkaan TUHAN".

Oleh Pdt Feri Nugroho

Pdt Feri Nugroho
Pdt Feri Nugroho (Instagram @ferinugroho77)

Penemuan arkeologi dalam bentuk bangunan kuno yang bertahan ribuan tahun, hampir semuanya dihubungkan dengan tempat ritual pemujaan atau area pemakaman.

Ada keseragaman cara berfikir bahwa hal-hal yang terhubung dengan yang disembah selalu berada pada tempat yang strategis, menjulang tinggi dan dibangun dengan material yang bertahan lama.

Hal ini memperlihatkan bahwa ada upaya manusia yang tersistematis dalam budaya dan kepercayaan untuk mencari Tuhan dengan berfikir besar dalam prakteknya.

Warisan budaya kepercayaan ini diwariskan dari generasi ke generasi, tanpa banyak mengalami hambatan.

Baca juga: Renungan Harian Kisten - Menyapa Allah dengan Sebutan Bapa, Sebagai Tanda Kedekatan Hubungan

Hukum rimba berlaku, bahwa yang kuat akan berkuasa dan menciptakan sistem untuk mempertahankan kekuasaannya, termasuk dalam hal religiusitas.

Ketika sebuah bangsa dikalahkan oleh bangsa lain, maka semua tempat yang menjadi simbol kemegahan bangsa akan diratakan dengan tanah, termasuk tempat pemujaan.

Kemudian akan digantikan dengan tempat pemujaan yang baru di tempat tersebut atau dibiarkan terbengkalai sebagai simbol kekalahan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved