Breaking News:

Berita Kota Jambi

Baru 3 Tempat Uji KIR di Provinsi Jambi yang Terakreditasi

Hingga tahun 2020 baru sebanyak tiga tempat uji kendaran bermotor (KIR) di Provinsi Jambi yang terakreditasi.

Penulis: Zulkipli | Editor: Nani Rachmaini
Tribunjambi/Zulkifli
Varial Adhi Putra, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Hingga tahun 2020 baru sebanyak tiga tempat uji kendaran bermotor (KIR) di Provinsi Jambi yang terakreditasi.

Tempat pungujian untuk kendaraan penumpang dan barang yang memenuhi persyaratan terdapat di Kota Jambi, Kabupaten Bungo, dan Kabupaten Sarolangun. 

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra melalui Kepala Bidang Pengembangan Jaringan Transportasi Bambang Budihardjo mengatakan, tempat uji KIR yang terakreditasi telah memenuhi persyaratan wajib. Seperti akreditasi Sumber Daya Manusia (petugas), peralatan, prosedur operasional , prasarana seperti gedung uji KIR yang dimiliki sendiri. 

“Untuk kabupaten/kota yang belum terakreditasi tidak boleh melaksanakan KIR secara aturannya. Artinya mesti menguji di daerah terdekat dari Kota Jambi, Bungo dan Sarolangun. Daerah lain harus menumpang terlebih dahulu,” jelasnya.

Selain itu, tak kunjung bertambahnya tempat uji KIR lantaran adanya moratorium (penangguhan) pengadaan alat uji KIR di Kementerian.  Tercatat sejak 2018 hingga 2020 moratorium belum dicabut. 

“Sehingga kesannya kita tak mengusulkan, padahal selalu kita usulkan pengadaan alat uji KIR baru namun jawaban Kemenhub masih dalam masa moratorium,” jelasnya.

Untuk pelayanan tempat uji KIR ini merupakan sepenuhnya kewenangan daerah dan pendapatannya juga masuk ke dalam kas Kabupaten/Kota. Pemprov hanya menampung usulan daerah untuk diajukan ke pusat.

Bambang mengakui, di satu sisi sedikitnya tempat uji KIR merupakan kerugian bagi pelayanan masyarakat di Kabupaten/Kota.  Namun dari sisi keselamatan tempat uji KIR memang harus terjamin kualitasnya.

Baca juga: Meningkatkan Sistem Imun Tubuh dan Gairah Seks Ternyata Daun Patikan Kebo Miliki Segudang Manfaat

Baca juga: 90 Persen Orangtua Setuju Tatap Muka, 4 Januari 2021 Pembelajaran Semester Genap Dimulai

Baca juga: Mahasiswa UIN Mendapat Juara 3 dalam National Essay Competition

”Ini agar pengecekan kelengkapan keselamatan jadi faktor utama, dengan tempat KIR harus terakreditasi diharapkan tak ada lagi pengujian yang tak sesuai prosedur,” paparnya. 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved