Breaking News:

Tragedi G30S PKI

Nonton Film G30S/PKI - Latihan Pasukan PKI, Tragedi Berdarah Malam 30 September dan Lubang Buaya

Mahfud MD menyatakan, pemerintah tak melarang pemutaran film G30S/PKI. Pemerintah hanya melarang apabila pelaksanaannya menciptakan kerumunan

Penulis: Suci Rahayu PK | Editor: Suci Rahayu PK
Capture
Film Penumpasan Penghianatan G30S/PKI 

TRIBUNJAMBI.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan, pemerintah tak melarang pemutaran film G30S/PKI.

"Jadi banyak yang bertanya apakah pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI itu dibolehkan atau tidak, saya sudah mengatakan, pemutaran film itu boleh, tidak ada yang melarang, tetapi juga tidak mewajibkan," ujar Mahfud dalam rekaman video yang diterima Kompas.com, Selasa (29/9/2020) malam.

Dalam pemutaran film tersebut, kata Mahfud, pemerintah hanya melarang apabila pelaksanaannya menciptakan kerumunan penonton, misalnya, nonton bareng yang melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Di Malam Tragedi G30S PKI, Bu Tien Gelisah dan Bawa Tommy ke RS, Apa yang Dilakukan Soeharto?

Mengenang Kekejaman G30S PKI pada 7 Jenderal yang Dibunuh dan Dibuang ke Lubang Buaya

Karena itu, pelarangan kegiatan yang melanggar protokol kesehatan tidak hanya berlaku pada saat nonton bersama film G30S/PKI, melainkan seluruh kegiatan.

"Itu berlaku bukan hanya untuk penonton film G30S/PKI, tetapi untuk kegiatan apapun yang melanggar protokol kesehatan, itu dilarang," kata dia.

Mahfud juga menyinggung bahwa Menteri Penerangan Muhammad Yunus Yosfiah pada era pemerintahan Presiden BJ Habibie pernah menyebut penghentian penayangan film tersebut menjadi sebuah keharusan.

Film Penumpasan Penghianatan G30S/PKI
Film Penumpasan Penghianatan G30S/PKI (Capture)

Namun demikian, Mahfud menilai, masyarakat tetap bisa saja menonton film tersebut atas kehendak dirinya sendiri.

"Kalau itu sebagai pilihan, sukarela memang mau ditayangkan atas kesadaran dan kehendak sendiri maka itu dibolehkan," ucap Mahfud.

Nonton Film Penumpasan Penghianatan G30s?PKI Secara Online

LINK  Nonton Streaming Film G30S PKI

Sinopsis Singkat Film Pengkhiatanan G30S PKI

Indonesia berada dalam kekacauan. Rakyat hidup dalam kemiskinan, sementara yang kaya memamerkan kekayaan mereka. Presiden Soekarno (Umar Kayam) sedang sakit dan kritis.

Sementara itu, konsep politiknya, Nasakom (nasionalisme, agama, dan komunisme) telah menyebabkan pertumbuhan besar anggota PKI.

Partai yang mencoba melakukan kudeta pada tahun 1948 ini telah menyerang dan membunuh orang di seluruh negeri.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved