Breaking News:

Tribun Wiki

Parfum Kayu Manis Asal Kerinci, Aroma Terapi yang Meringankan Stres

Usaha produk parfum kayu manis (cinnamon) Kerinci ini, kini telah tersebar keseluruh Indonesia. Hasilnya jauh lebih besar jika hanya menjual Kayu Mani

Tribunjambi/Heru
Pembuat parfum kayu manis di Kerinci. 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Berkat pengelaman kerja di bidang eksportir rempah-rempah, Gunaryadi kemas kayu manis (Cassiavera). Kayu manis yang biasa dijual gundukannya, kini dijualnya dalam bentuk parfum.

Usaha produk parfum kayu manis (cinnamon) Kerinci ini, kini telah tersebar keseluruh Indonesia. Hasilnya jauh lebih besar jika hanya menjual Kayu Manisnya langsung.

Ditemui dikediamannya di Desa Kemantan Mudik, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Gunaryadi menceritakan bahwa usahanya ini mulai dirintis sejak 2018 lalu.

Dirinya mulai memutar otak bagaimana cara agar bisa menjual Kayu manis dengan harga berkali-kali lipat. Timbul idenya untuk memodifikasi dan membuat seunik mungkin hasil panen Kayu manis tersebut.

Sepuluh Seniman Asal Jakarta Kolaborasi dengan Pengrajin Resam Muaro Jambi

VIDEO Kayu Menumpuk di Pangakalan Ojek Ketek di Sungai Batanghari Kawasan Kecamatan Pelayangan

Sinopsis Warkop DKI Reborn 4 yang Tayang Hari Ini di Disney+ Hotstar, Dono, Kasino, Indro ke Maroko

“Kebetulan saya pernah berkerja di perusahaan Amerika untuk eksportir rempah-rempah organik. Disitu saya punya sedikit pengalaman tentang bagaimana mengolah rempah-rempah menjadi sesuatu yang unik,” jelasnya.

Apa lagi ungkapnya, bahwa Kayu Manis diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti diabetes, azmier, melancarkan peredaran darah.

Pada 2018 dirinya mulai melakukan uji coba mengolah kayu untuk dijadikan parfum. Sebagai bahan parfum, terlebih dahulu Kayu manis disortir, dicari yang benar-benar bagus.

“Dengan terik tertentu, pada suhu tertentu dan tekanan tertentu sehingga bisa menghasilkan aroma yang bagus,” ujarnya.

Setelah mendapat hasil yang lebih baik, ia pun mulai membuat kemasannya. Ia pun mengemas produk parfum Kayu manis dengan menggunakan karung goni.

"Perfum kayu manis atau parfum cinnmon ini bisa sebagai aroma terapi yang meringankan perasaan stres," katanya.

Halaman
123
Penulis: Herupitra
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved