Breaking News:

Termasuk Keripik Kentang, Ini 9 Makanan dan Minuman yang Bakal Menurunkan Daya Tahan Tubuh!

Tak lama lagi akan datang musim hujan yang rentan penurunan daya tahan tubuh sehingga lebih mudah sakit.

Shutterstock
Ilustrasi keripik 

TRIBUNJAMBI.COM - Tak lama lagi akan datang musim hujan yang rentan penurunan daya tahan tubuh sehingga lebih mudah sakit.

Tahukah jika daya tahan tubuh atau imunitas memiliki peran penting untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit.

Sistem daya tahan tubuh akan melindungi tubuh dari serangan organisme atau kuman penyebab penyakit.

tribunnews
ILUSTRASI Sistem Kekebalan Tubuh (WebMD)

Sama halnya dengan bayi atau anak-anak, orang dewasa dan lanjut usia (lansia) juga memerlukan daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah sakit.

Jenis penyakit yang sering kali berkaitan dengan rendahnya imunitas, yakni influenza dan pneumonia. Sementara, belakangan ini, buruknya daya tahan tubuh dikaitkan erat dengan risiko terjangkit Virus Corona penyebab COVID-19 yang lebih besar.

Maka dari itu, menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang harus diakukan oeh setiap orang. Tersedia banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas ini, termasuk menghindari sejumlah makanan yang ternyata dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Berikut ini adalah beragam makanan yang bisa menurunkan daya tahan tubuh tersebut:

1. Gula

Membatasi konsumsi gula adalah ide yang bagus untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Melansir Buku 50 Resep Makanan untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (2010) oleh Lenny Jusup, mengonsumsi gula berlebih atau seringnya mengasup makanan yang mengandung zat gula tinggi dapat menekan sistem imunitas.

Selain itu, kadar gula yang tinggi juga dapat mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan bibit penyakit. Batas konsumsi gula yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) adalah 50 gram (4 sendok makan) gula per orang per hari.

Halaman
1234
Editor: heri prihartono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved