Breaking News:

VIDEO Nekat Masuk Tol Cikampek, 3 ABG Pengendara Motor Kecelakaan Usai Senggol Pajero

Kecelakaan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 8 arah Jakarta yang melibatkan satu unit sepeda motor dengan tiga remaja perempuan, Minggu (30/8/2020).

TRIBUNJAMBI.COM - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengonfirmasi telah terjadi kecelakaan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 8 arah Jakarta yang melibatkan satu unit sepeda motor dengan tiga remaja perempuan, Minggu (30/8/2020).

Kejadian yang kemudian terekam kamera pengendara lain dan viral di media sosial ini berlangsung pada pukul 14.30 WIB. Baik pengendara maupun penumpang terlihat tidak mengenakan helm.

"Benar, mereka sudah dimintai keterangan. Kami sangat menyayangkan tindakan pengendara motor masuk dan menggunakan jalan tol ini," kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati dalam keterangan resminya, Senin (31/8/2020).

Anak Siram Orangtuanya dengan Air Panas, EF Relakan Puterinya Masuk Penjara

VIDEO Lenggogeni Faruk, Ibunda Atta Halilintar Ternyata Bukan Orang Sembarangan!

Romi-Robi Mantap Maju Jalur Independen di Pilkada Tanjabtim, Partai Besar Ikut Dukung Petahana

Pasalnya, kendaraan yang tidak memenuhi syarat untuk memasuki jalan tol sangat berbahaya untuk menggunakan jalan tol karena membahayakan diri sendiri serta pengguna jalan lain.

Secara detail, hal ini diatur dalam Peraturan Pemerintah No 44 Tahun 2009 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No 15 Tahun 2005 Pasal 38 tentang jalan tol.

Widiyatmiko menjelaskan, jalan tol itu diperuntukkan kendaraan roda empat dan lebih dengan beberapa ketentuan (kecepatan serta dimensinya).

Pemotor dilarang masuk jalan tol karena mempertimbangkan kecepatan rata-rata pengemudi lain di sana.

"Akan berbahaya sekali jika motor masuk ke dalam jalan tol karena jalan tol didesain untuk kecepatan tinggi. Rambu-rambu larangan masuk telah kami pasang di setiap akses masuk tol,” tegasnya.

"Jika motor masuk tol, maka seperti yang terjadi kemarin, pengendara terkait akan dikejar untuk kemudian digiring ke pintu keluar baik oleh Petugas Layanan Jalan Tol, Satgas Kamtib hingga Patroli Jalan Raya (PJR) dan akan dikenakan tindakan hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku," lanjut Widiyatmiko.

Adapun kronologis pristiwa, dalam video berdurasi pendek tersebut tampak pengendara motor bernomor polisi B 6974 UXC melintas sisi kanan Tol Japek dengan gelagat kebingungan.

Halaman
12
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved