Breaking News:

Positif Corona Jambi Tambah 8

8 Orang di Bungo Terpapar Covid-19, 87 Orang Langsung Rapid Test

Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bungo kembali meningkat mencapai delapan kasus.

Tribunjambi/Darwin
Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Bungo, Safaruddin Matondang saat dikonfirmasi awak media. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bungo kembali meningkat mencapai delapan kasus.

Penambahan itu disampaikan oleh juru bicara gugus tugas Covid-19 Bungo dr Safaruddin Matondang, Rabu (26/8).

Safaruddin menyebutkan bahwa saat ini ada delapan orang pasien yang terpapar Covid-19. Satu diantaranya dirawat, sementara 7 orang lainnya diisolasi secara mandiri di rumah masing-masing.

"Semuanya pasien ada 12 orang. Namun yang empat orang sudah lama dinyatakan sembuh. Dari delapan orang, enam orang dinyatakan positif dari hasil tes PCR, sementara dua orang lainnya dinyatakan positif dari hasil tes TCM," sebut Safaruddin.

Pasien Covid-19 di Jambi Bertambah Lagi 8 Orang, Hari Ini 147 Orang Dirawat

Hoaks, Isu Pegawai Toko Citra di Bungo Terpapar Corona Tak Benar

Dengan adanya delapan pasien positif ini, pihak gugus tugas langsung melakukan tracking terhadap 87 orang. Setelah dilakukan rapid test, seluruhnya dinyatakan negatif atau tidak reaktif.

"Kami berharap penggunaan ruang isolasi yang rencananya di gedung rusunawa RSUD H Hanafie dapat digunakan. Jika sudah bisa digunakan, maka tujuh orang pasien yang isolasi mandiri akan dijemput," jelasnya.

Safaruddin menjelaskan pasien 05 berinisial AU (43) riwayat perjalanan dari Sumatra Selatan. Begitu juga dengan pasien 06 yang berinisial DA (58). Sementara untuk pasien 07 berinisial DA (37) dan pasien 08 MF (17) tertular dari pasien 06.

"Untuk pasien pasien 09 berinisial AM (33) riwayat perjalanan dari Jakarta. Pasien 10 M (39) riwayat perjalanan Bandung. Sedangkan pasien 11 FU (48) dan 12 RY (43) merupakan suami istri yang tertular dari keluarga berkunjung," jelasnya.

Safaruddin menyebutkan bahwa informasi tentang karyawan atau pemiliki mini market Citra ada yang tertular itu hanyalah hoaks. Masyarakat diminta agar tidak percaya dengan informasi yang tidak jelas.

"Kalau sumber informasinya bukan dari tim gugus tugas tolong jangan mudah dipercaya. Seperti isu mini market Citra itu tidak benar. Nanti, hanya akan memperburuk keadaan saja," katanya.

Untuk mencegah terjadinya penyebaran, Safaruddin meminta agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

"Kita juga selalu mengimbau masyarakat agar selalu berprilaku hidup sehat dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur, serta rajin berolahraga. Jika tidak penting, sebaiknya di rumah saja ," tutupnya.

Bansos Covid-19 dari Kemensos akan Dilanjutkan, Pemkab Sarolangun Bakal Rapat Dulu

Polsek Kotabaru Bekuk Pelaku Spesialis Curanmor Jaringan Lintas Provinsi

Dengan kembali meningkatnya pasien positif Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bungo dalam waktu dekat akan menerapkan sanksi kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

"Dalam waktu dekat akan kita terapkan sanksi bagi pelanggar. Sanksinya sudah diatur dalam Perbup. Ada sanksi sosial, ada sangsi berupa denda uang," ucap Kepala Dinas Kominfo Bungo, Zainadi. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Penulis: Darwin Sijabat
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved