Breaking News:

Tips Keuangan

Tahan Banting Hadapi Resesi, Siapkan Uang Tunai untuk 3 Bulan

Setelah lama tenggelam, slogan cash is the king kembali sering disebut orang. Misalnya saja, banyak orang menahan diri berbelanja barang premium

ANTARA FOTO/Reno Esnir/pras.
Petugas menunjukan uang rupiah di salah satu cabang Bank Mandiri di Jakarta, Jumat (21/8). Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, aktivitas ekonomi yang mulai menggeliat, mendongkrak peredaran uang kartal pada Juli 2020 mencapai Rp762,8 triliun atau tumbuh 6,17 persen dibandingkan Juni 2020 sebesar 2,34 persen. 

TRIBUNJAMBI.COM - Setelah lama tenggelam, slogan cash is the king kembali sering disebut orang.

Misalnya saja, banyak orang menahan diri berbelanja barang premium, melakukan renovasi rumah, atau membeli properti, karena merasa lebih aman memegang uang tunai.

Seperti diungkapkan Agustina, yang tadinya berencana memugar propertinya di Jogja menjadi guest house.

"Karena situasi begini, mending uangnya saya pegang dulu," ujarnya.

Pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 yang minus 5,3% dibandingkan dengan tahun lalu memicu ancaman resesi. Lantaran hal itu, uang tunai disebut-sebut sebagai hal yang sangat penting.

Pertumbuhan ekonomi kuartal II lalu, yang minus 5,3%, menjadikan ancaman resesi makin nyata di depan mata. Maka, banyak orang bersikap seperti Agustina.

Namun, ternyata tak sedikit orang yang bingung, uang tunai seperti apa yang harus mereka pegang, saat resesi menghampiri?

Lantas, apakah berbentuk uang yang disimpan di dalam lemari, di celengan, ataukah uang di rekening bank saja sebenarnya sudah aman? Terlebih lagi, sekarang ada uang digital segala.

Iin Wulandari misalnya. Ia mengaku tak tahu harus berbuat apa jika nanti resesi datang. Iin kerap mengikuti perkembangan resesi lewat media sosial dan berita-berita online. Pokoknya disuruh nyiapin uang cash. Tapi masih bingung sih uang cash seperti apa? kisah Iin.

Sampai kini, wanita yang berprofesi sebagai karyawan swasta ini hanya menyimpan uangnya di rekening tabungan. Namun, ia berniat untuk menjual tabungan emasnya guna memiliki uang tunai di kala resesi nanti.

Mudah dicairkan

Halaman
1234
Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved