Breaking News:

Pilkada di Jambi 2020

BREAKING NEWS Verifikasi Faktual Dukungan Romi-Robby, KPU Temukan 1.357 Dukungan Tak Sesuai Syarat

KPU Tanjab Timur mengumumkan hasil verifikasi faktual dokumen dukungan perseorangan bakal pasangan calon Bupati dan wakil Tanjab Timur Romi-Robby.

Tribunjambi/Abdullah Usman
KPU Tanjab Timur mengumumkan hasil verifikasi faktual dokumen dukungan perseorangan bakal pasangan calon Bupati dan wakil Tanjab Timur Romi-Robby. 

TRIBUNJAMBI.COMMUARASABAK - KPU Tanjab Timur mengumumkan hasil verifikasi faktual dokumen dukungan perseorangan bakal pasangan calon Bupati dan wakil Tanjab Timur Romi-Robby.

"Dari hasil verifikasi faktual tersebut jumlah dukungan melebihi syarat minimal, yakni sebanyak 16.858 dukungan," kata Ketua KPU Tanjabtim, Nurkholis, Selasa (21/7) siang.

Lanjutnya, dari jumlah dukungan yang diverifikasi sebanyak 26.923, ada sebanyak 1.357 dukungan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Kategorinya, seperti tidak ditemukannya warga yang mendukung sampai hari terakhir verifikasi faktual dan ada juga ketika ditemui menyatakan tidak mendukung.

Mulai Besok, Pemkab Muarojambi Izinkan Warga Gelar Resepsi Pernikahan

Niat Mencari Kerja Pria Ini Malah Curi Sepeda Motor di Parkiran, Kini Nangis-nangis di Pengadilan

"Kalau terkait dengan 6 elemen, yang terdiri dari ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, Perangkat Desa dan penyelenggara Pemilu, ketika di lapangan ditemukan, maka dipastikan secara otomatis akan TMS. Itu berdasarkan PKPU Nomor 3 Tahun 2017 Pasal 95," jelasnya.

Ditambahkannya pula, bahwa hasil rekapitulasi tingkat kabupaten ini sama dengan hasil rekapitulasi tingkat kecamatan, yakni dengan jumlah dokumen dukungan sebanyak 25.566 yang memenuhi syarat (MS).

"Intinya, dari 25.566 dokumen dukungan yang MS tersebut, tidak ada lagi terdapat orang-orang yang dilarang mendukung seperti 6 elemen tadi," tambahnya.

Selanjutnya, dokumen dukungan bakal calon perseorangan yang memenuhi syarat ini nantinya akan dijadikan sebagai syarat pendaftaran bagi bakal calon perseorangan yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 September 2020 sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2020 tentang tahapan Pilkada serentak.

Untuk diketahui jumlah dokumen dukungan yang MS per kecamatan, yakni Kecamatan Muara Sabak Timur 3.371, Nipah Panjang 4.433, Mendahara 2.788, Rantau Rasau 2.371, Sadu 1.202, Dendang 1.981, Muara Sabak Barat 1.809, Kuala Jambi 675, Mendahara Ulu 1.173, Geragai 4.493 dan Berbak 1.269.(usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved