Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Meminta PPDB Tahun Ini Dilakukan Dengan Tertib

Dengan demikian, Khairil menyebutkan bahwa untuk saat ini pemerintah cukup adil. Ini yang harus di prioritaskan dan berharap nantinya dunia...

Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Meminta PPDB Tahun Ini Dilakukan Dengan Tertib
ist
Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Hearing dengan Pihak Disdik Provinsi Jambi terkait PPDB

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Berkaca dari tahun sebelumnya, banyak keluhan saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Provinsi Jambi.

Komisi IV DPRD Provinsi Jambi meminta kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jambi agar PPDB tahun ini dilakukan dengan tertib dan tak ada protes dari masyarakat.

Bahkan komisi IV DPRD Provinsi Jambi selasa pagi memanggil pihak Disdik Provinsi Jambi untuk menjelaskan pelaksanaan PPDB Provinsi Jambi tahun ini.

Dampak Pandemi Covid-19, Ratusan Pekerja Terpaksa Dirumahkan, Ini Solusi Pemkab Bungo

Daftar Harga iPhone - Bocoran iPhone 12 yang Lebih Murah dari iPhone XR, iPhone Xs, iPhone 11

Beberapa Kali Beraksi dan Lolos dari Petugas, Pelaku Begal Menggunakan Kapak di Kerinci Dibekuk

"Jangan sampai ada carut marut saat PPDB seperti tahun lalu, ini dilaksanakan harus sesuai dengan aturan yang berlaku," kata M Khairil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Selasa (30/6/2020).

Lanjutnya, persoalan PPDB online ini memang banyak kendala yang dihadapi. Pasalnya di Kota Jambi sendiri ada sebanyak 11 ribu peserta didik yang baru saja lulus di dari SMP dan MTS. Sementara untuk penerimaan siswa atau penampungannya hanya berkisar 5 ribu peserta didik.

Artinya, jelas Chairil setidaknya ada 6 ribu peserta didik yang bakal tak tertampung di sekolah negeri. Dengan demikian, Khairil juga meminta kepada sekolah swasta untuk tetap menerima peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

"Ada yang namanya apirmasi, mereka bisa masuk dengan menggunakan surat keterangan tidak mampu atau miskin dari desa setempat," tambahnya.

Dengan demikian, Khairil menyebutkan bahwa untuk saat ini pemerintah cukup adil. Ini yang harus di prioritaskan dan berharap nantinya dunia pendidikan tetap maju, dan sesuai dengan fungsinya mencerdaskan anak bangsa.

D ilain pihak, Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Bukri mengakui di hari pertama PPDB Kemarin ada beberapa kendala pada jaringan. Namun bisa diatasi dengan cepat. Sementara untuk hari ke dua juga berjalan dengan lancar.

"Mungkin nanti ada penambahan jadwal untuk verifikasi saja, karena ada kendala Kemarin," kata dia.

Persoalan verifikasi memang harus dilakukan dengan baik dan dilakukan pengecekan satu persatu setiap siswa. Selain itu untuk setiap sekolah yang beberapa daerah tak tersentuh jaringan internet harus dilakukan dengan offline.

"Kalau Kemarin kan ramai yang mendaftar, jadi jaringan menjadi gangguan, tapi ini dapat teratasi dengan baik," pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved