Alat Uji Swab Mandiri dengan Metode PCR di Jambi Masih Menunggu Validasi Kemenkes

Proses servey, alat, tempat maupun pelatihan tim penguji sudah selesai semua dan siap beroperasi.

Tribun Jambi/Zulkifli
Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi yang juga Juru Bicara Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Provinsi Jambi, Johansyah 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Peralatan uji swab mandiri dengan metode polymerase chain reaction (PCR) yang ada di BPOM Jambi masih menunggu validasi dari Kemenkes RI untuk bisa digunakan.

Proses servey, alat, tempat maupun pelatihan tim penguji sudah selesai semua dan siap beroperasi.

"Tinggal kita menunggu palidasi dari Kemenkes. Kita menunggu surat dari Kemenkes, kalau itu keluar insyaallah kita sudah bisa uji swab mandiri dengan metode PCR," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah, Selasa (30/6/2020).

Polres Tanjabbar Terima Penghargaan dari Menkum HAM Terkait Bantuan Pencegahan Covid-19 di Lapas

9 Obat Penurun Panas Anak dengan Bahan Alami - Susu Kunyit, Es Buah Loli hingga Teh Herbal

VIDEO Warga Padati Gor Kotabaru Jambi

Langkah-langkah trancking untuk menjaring pasien PDP pun, kata Johan masih tetap dilakukan oleh tim gugus tugas maupun kabupaten/kota.

"Terbuktikan pasien di Batanghari kemarin adalah hasil tracking dari pasien, setelah di Swab ternyata satu keluarga terpapar," kata Johan.

Namun, kata Johan untuk saat ini, tim masih terpokus terhadap tracking terhadap pasien yang dirawat. Untuk tracking di luar, menurut Johan sudah cukup dilakukan.

"Tinggal kita pengulangan kalau ada terjadi gejolak kembali, kita lakukan rapid test di tempat-tempat tertentu," pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved