Breaking News:

Virus Corona

Ratusan Warga Hadang Ambulans yang Melintas, Ambil Paksa Jenazah Covid-19 dari dalam Mobil

Ratusan Warga Hadang Ambulans yang Melintas, Ambil Paksa Jenazah Covid-19 dari dalam Mobil

Editor: Deni Satria Budi
Kompas.com
Ilustrasi. Mobil Ambulans milik RSUD dr Haulussy Ambon memilih parkir di ruang parkir RSUP dr J Leimena setelah membawa pasien Covid-19 ke rumah sakit tersebut, Rabu (27/5/2020). Mobil ambulans ini sendiri sempat tersesat dan diamuk warga di kawasan Rumah Tiga, Kecamatan Teluk Ambon. (KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY)  

TRIBUNJAMBI.COM, AMBON - Ratusan warga menghadang sebuah mobil ambulans yang mengangkut jenazah Covid-19. Mobil ambulans tersebut dicegat saat sedang melintas di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di kawasan Batu Merah Atas, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Jumat (26/6/2020) sore.

Warga menghadang iring-iringan mobil ambulans yang dikawal mobil polisi secara beramai-ramai dan memarkir sepeda motor tepat di atas badan jalan.

Dalam aksi itu, warga ikut menghardik para relawan serta tenaga medis dan terlibat adu mulut dengan sejumlah personel polisi yang mengawal jenazah.

Indonesia Disebut Kalah Bertarung Lawan Covid-19, Tahap 2 Diprediksi Segera Menerpa, Ini Alasannya

UPDATE Pasien Meninggal Hari Ini Karena Covid-19 Bertambah 63, Jawa Timur Paling Terbanyak

Warga bersikeras untuk mengambil jenazah Covid-19 itu dengan alasan pasien tersebut bukan meninggal karena corona, namun karena sakit.

Dalam kondisi tak berdaya, para tenaga medis hanya bisa menyaksikan warga mengambil paksa jenazah yang ada di dalam mobil ambulans tersebut dan kemudian membawanya ke rumah duka di kawasan itu.

Selanjutnya, warga mengembalikan peti jenazahnya ke jalan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, aksi pengambilan paksa jenazah Covid-19 itu pun menyita perhatian warga di kawasan tersebut. Warga tampak berkerumun di sisi kiri dan kanan jalan tanpa mempedulikan protokol kesehatan, meski sudah dilarang polisi.

Tujuh Tips Merawat Sepeda Motor di Era New Normal, dari Oli Mesin hingga Sparepart

Imbas 5 Perawat Positif Covid-19, Dua Puskesmas di Kota Ambon Ditutup Sementara

Pasien Covid-19 yang akan dimakamkan itu merupakan warga Maluku Tengah yang dirujuk ke RSUD Ambon setelah terkonfirmasi positif corona.

Terkait peristiwa itu, Sekda Maluku yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kasrul Selang, mengaku sangat menyayangkan adanya insiden tersebut.

“Ini sangat disayangkan ya,” kata Kasrul, kepada Kompas.com, di lokasi, Jumat sore.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved