Otomotif

Tujuh Tips Merawat Sepeda Motor di Era New Normal, dari Oli Mesin hingga Sparepart

Di era new normal sekarang, masyarakat mulai melakukan aktivitas seperti biasanya dan saat ini sepeda motor sudah menjadi kebutuhan penting

ISTIMEWA
Servis motor di AHASS Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Di era new normal sekarang, masyarakat mulai melakukan aktivitas seperti biasanya dan saat ini sepeda motor sudah menjadi kebutuhan penting dalam transportasi.

Sangat perlu untuk masyarakat sendiri untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan terhadap sepeda motor yang dimiliki

Technical Training PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen), Erfinando mengatakan berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat dalam menjaga dan menggunakan sepeda motor yang dimiliki :

 - Oli Mesin.  Oli mesin merupakan pelumas yang menjaga gesekan berlebih dan dapat membuat mesin kendaraan lebih awet, untuk itu konsumen wajib mengganti oli secara teratur sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku dalam perawatan sepeda motor. Selalu menggunakan Oli yang direkomandasikan oli pabrikan sepeda motor.

 - Battery. Battery merupakan komponen penting yang memberikan suplay listrik bagi komponen sepeda motor untuk dapat dan mulai beroperasi baik itu system beban, penerangan dan yang lainnya. Sangat disarankan kepada konsumen untuk tidak menggunakan komponen system beban ataupun. Penerangan yang tidak sesuai standard yang telah ditentukan seperti misalnya memasang variasi pada system kelistrikan yang dapat mengkonsumsi listrik secara berlebihan.

- Rantai.  Rantai merupakan pengantar tenaga yang dihasilkan dari putaran mesin ke roda sepeda motor. Rantai wajib dilumasi untuk menjaga kinerja rantai terutama yang perlu diperhatikan saat setelah mencuci sepeda motor wajib dibersihkan dan dilumasi. Untuk tetap menjaga kenyamanan dalam berkendara jika rantai sudah mengalami kehausan maka rantai harus diganti.

 - Ban. Ban merupakan komponen yang menghantar tenaga sepeda motor pada permukaan jalan. Pengecekan dan perawatan ban juga wajib menjadi perhatian dikarenakan ban juga  merupakan salah satu safety dalam berkendara. Ban yang haus/gundul dapat menyebakan slip dan tenaga berkurang dan pengendalian kendaraan yang tidak stabil disarankan untuk memperhatikan keadaan ban.

- Rem. Rem merupakan safety yang digunakan untuk menghentikan kendaraan bagi pengendara untuk berhenti dan menghindarkan kecelakaan, dikarekana berkaitan dengan keselamatan maka wajib bagi pengendaran memeriksa bahwa rem berfungsi dengan baik sebelum berkendara. Rem akan habis dikarenakan pemakaian, maka wajib bagi pengendara atau pemilik kendaraan untuk mengganti kanvas rem apabila sudah habis/aus.

 - Service.  Untuk menjaga agar kendaraan nyaman dan aman saat dikendarai, lakukan service secara berkala sesuai dengan ketentuan service yang berlaku. Lakukan service di bengkel resmi yang dapat memberikan garansi pekerjaan.

 Sparepart. Pergunakan selalu sparepart yang direkomendasikan oleh pabrikan dikarenakan akan memberikan keamanan dan daya tahan serta masa pakai yang sesuai standard. Untuk type kendaraan yang menggunakan type kunci kontak smartkey : Biasakan untuk selalu mematikan remot apabila kendaraan tidak dikendarai,

Biasakan untuk meletekan remot jauh dari benda benda elektronik, Biasakan untuk aktifkan alarm untuk menghindarkan hal hal yang tidak di inginkan pada kendaraan, Biasakan untuk selalu menjaga kondisi battery dan Jangan selalu membawa remot langsung semuanya, cukup bawa remot 1 set.

“Semoga hal – hal ini dapat bermanfaat bagi konsumen atau pemilik sepeda motor Honda dalam merawat kendaraannya” tutup Erfinando.

Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved